Solusi Ahli

Rumah - - Solusi -

Pintu terasa seret ini sering kita jumpai pada saat musim hujan karena pintu kayu mengalami pemuaian. Penyebabnya, kandungan uap air di dalam pintu kayu semakin banyak hingga membuat ukurannya jadi lebih besar. Hal lain yang membuat pintu seret adalah kayu melintir yang disebabkan tingkat kekeringan kayu kurang dari 15%, saat dibuat pintu. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

Pertama, ganti pintu yang bermasalah dengan pintu baru. Namun, Anda harus menggunakan kayu yang benar-benar kering dan berkualitas. Ciri kayu kering ini, jika diketuk menggunakan tangan, suaranya rebih renyah dibandingkan kayu yang masih basah.

Kedua, membongkar pintu, lalu menyerut bagian pintu yang bermasalah menjadi lebih tipis. Tujuan penyerutan adalah agar posisi atau setelan pintu menjadi pas dengan kusen atau lantai.

Cara lainnya—sebagai bentuk pencegahan— adalah dengan memberi rongga atau jarak sekitar 1cm antara pintu dengan kusen serta antara pintu dengan lantai. Rongga tersebut berfungsi sebagai “tempat” penyusutan-pemuaian pintu. Jadi, meskipun memasuki musim hujan, pintu kayu rumah Anda akan aman dan terbebas dari masalah.

Kartono, pemilik furnitur kayu UD. Serba Kayu di daerah Petukangan, Jakarta Selatan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.