Ruang Favorit untuk Keluarga dan Kolega

Kata si pemilik rumah, bahagia itu jika banyak orang main ke rumahnya. Karenanya, ada ruangruang favorit untuk menerima mereka.

Rumah - - Rumah Kita - TEKS JOHANNA ERLY WIDYARTANTI erly@tabloidrumah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

M enciptakan rumah yang nyaman tidak hanya untuk keluarga tapi juga untuk siapa pun yang bertandang, adalah salah satu keinginan Elly, sang pemilik rumah, ketika pindah ke tempat ini. Sebelumnya, Elly dan keluarganya tinggal di daerah Puri Bintaro. “Rumah di Puri lebih kecil, hanya ada 2 kamar. Jadi, ada tamu 1 saja sudah terasa penuh,” ujar Elly.

Karenanya, Elly bersyukur saat akhirnya keluarganya mendapat rezeki untuk memiliki rumah yang lebih besar yang sekarang mereka tinggali. Sebagai arsitek, Elly yang dulunya berbisnis properti, merancang sendiri rumah ini, dibantu beberapa temannya. “Saya senang punya banyak teman. Kami dapat saling bertukar ide dan masukan untuk banyak hal,” ujar Elly. Rupanya kehangatan sikap Elly lah yang membuat banyak orang suka bergaul dengannya.

Sikap Hangat

Kunjungan pertama Tabloid RUMAH ke kediaman Eddy dan Elly, pasangan suami istri yang sudah dikaruniai 2 anak, Allan (16) dan Rani (13) ini, sudah memberi kesan betapa hangat pemilik rumah ini. Elly, yang baru kami kenal membebaskan kami melihat seluruh ruang dan isi rumahnya, merasakan kenyamanannya, dan meminta kami agar tak merasa canggung. “Anggap seperti rumah sendiri,” ujarnya.

Karena sikap hangat inilah, tak mengherankan jika rumah mereka tak pernah sepi. Meski keluarga inti mereka hanya 4 orang, namun ada 8 orang asisten rumah tangga yang ikut tinggal di dalamnya. Ditambah lagi beberapa sahabat yang datang

karena pertemanan mereka dengan Eddy, Elly, Allan, atau Rani. “Saya anggap semua teman seperti saudara dan sahabat saya. Kapan pun mereka boleh bertandang ke sini. Saya senang jika rumah ini ramai,” ujar Elly.

Ruang Favorit untuk Ngumpul

Setidaknya ada 3 ruang di rumah ini yang jadi favorit bagi teman dan sahabat saat mereka datang. Pertama, ruang keluarga di lantai 1 yang menyatu dengan dapur bersih, dan punya view ke arah innercourt. “Yang biasa berada ruang ini adalah temanteman saya,” ujar Elly.

Kedua, adalah ruang belajar dan main game yang ada di lantai atas. Ruang ini adalah favoritnya Allan dan teman-temannya. Mereka bisa datang ramai-ramai dan bermain bersama di ruang ini. Ketiga, adalah ruang karaoke. Ruang ini adalah favorit Rani yang menurut Elly paling sering mengajak teman-temannya main dan karaokean di ruang itu.

Lantas, di mana keluarga Elly sering ngumpul di rumah? “Semua ruang di rumah ini menyenangkan buat kami ngumpul. Di taman, di ruang keluarga, atau bahkan di dapur sambil ngobrol dengan para asisten,” kata Elly yang juga menyediakan kamar yang layak untuk ke-8 asistennya itu. “Satu kamar untuk 2 orang,” tambahnya.

Menata Sendiri

Rumah dan halaman rumah ini cukup luas tetapi tetap terlihat rapi. Tak ada satu sudut pun yang terlihat tak tersentuh dan berdebu. Semua dalam keadaan baik dan terawat. Hal ini bukan semata karena banyak asisten yang mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga. “Saya turun langsung setiap hari. Sebelum tidur ketika semua anggota rumah sudah masuk ke kamar, saya suka periksa semuanya. Saya tata ulang yang tidak rapi, saya bersihkan yang masih kotor. Jadi, sesibuk apapun kegiatan saya, tiap malam saya sempatkan untuk mengatur dan merawat rumah,” ujar Elly.

Bagaimana pun Elly merasa sangat terbantu dengan kehadiran para asistennya yang sudah mengerti tugas masingmasing. Namun, Elly tetap selalu mengontrol dan melakukan penataan. “Menata rumah dan peletakan furnitur, saya lakukan sendiri sesuai karakter dan selera saya. Meski hal sepele hanya mengubah letak vas bunga misalnya, tapi rasanya puas karena serasa ada diri saya di setiap sudut rumah yang saya sentuh. Itu membuat nyaman,” kata Elly dengan yakin. Memang setiap orang harus jadi

home stylist untuk rumah mereka sendiri dengan menatanya sesuai karakter pribadi. Rumah akan jadi homy jika karakter dan jiwa pemiliknya ada di sana. Kehangatan sikap Elly juga terpancar pada rumahnya. Ini yang membuat suami dan anaknya suka berada di rumah. Begitu pun sahabat dan teman, jadi suka bertandang ke rumahnya.

Bagaimana Elly menata ruangruang itu? Foto-foto berikut akan memperlihatkan kepada Anda.

INI MATERIALNYA

1 Panel dinding: panel kayu laminasi.

2 Rak buku: particle board finishing vinil.

3 Panel dinding: potongan kayu jati solid.

4 Wallpaper: impor.

5 Kabinet walk-in closet: particle board finishing vinil.

Inilah ruang paling asyik bagi Allan. Fasilitas belajar dan bermain tersedia dan tertata rapi. Ruang dibuat luas agar dapat menampung banyak orang.

Ruang karaoke adalah ruang favorit bagi Rani dan teman-temannya. Interior dirancang sangat homy dengan pilihan bahan dan warna yang hangat dan ceria.

Ruang tidur utama, tempat favorit Elly dan keluarga. Semua isinya, termasuk tempat tidur, dipesan khusus sesuai selera Elly. Ruang ini mendapat pencahayaan dan pemandangan alami dari taman di samping rumah.

Ada di dalam kamar utama, walk-in closet didesain dengan kabinet-kabinet simpan yang besar untuk menyimpan pakaian

dan aneka koleksi Elly dan keluarga.

Satu area dengan ruang keluarga ada dapur bersih. Makanan dan minuman ringan disediakan di sini oleh tuan rumah untuk siapapun yang bertandang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.