Rumah Tumbuh Berkonsep Knock Down Harga Terjangkau

Rumah - - Profil -

OLEH JUARA 3

POLITEKNIK NEGERI BANDUNG struktur rangka kayu ataupun struktur rangka baja ringan. Lantainya, bisa menggunakan keramik, tegel, ataupun cor beton yang diaci.

Selain fleksibel pada pilihan materialnya, rumah ini juga fleksibel dalam penggunaannya. Meski di konsep awalnya rumah bertipe 36 ini cocok dihuni oleh 2 orang (suami istri), dengan konsep rumah tumbuh, menjadikan jumlah ruangan di rumah ini dapat disesuaikan dengan jumlah penghuni rumah yang berkembang di kemudian hari dengan hadirnya penghuni baru (anak atau kerabat).

Unggul dalam Sambungan

“Komponennya seragam sehingga mempermudah siapapun dalam merakitnya. Metode perakitannya mengaplikasikan metode sambungan kering dengan menggunakan baut. Hal ini tak memakan waktu banyak sehingga perakitan lebih cepat,” ujar Andri mewakili timnya menjelaskan keunggulan konsep yang mereka usung. Andri dan tim hanya memerlukan waktu 2 hari dalam perakitannya.

Hal ini tentu saja sesuai dengan prinsip rumah pabrikasi. Yaitu rumah tinggal dengan konstruksi yang didesain untuk proses pembangunan lebih cepat, di mana komponen yang digunakan merupakan hasil desain modular pracetak serta bahan bangunan lain yang ada di pasaran.

Bagi tim Politeknik Negeri Bandung, kemenangan ini menjadi bentuk apresiasi yang membanggakan sekaligus memotivasi mereka untuk berkaya lebih baik lagi. “Rumah ini bisa dibuat dengan mudah dan cepat oleh siapa pun dan di mana pun, di seluruh daerah di Indonesia,” ujar Andri mewakili timnya menyampaikan keyakinan atas karya mereka. •

Menyabet juara 3 dalam Semen Tiga Roda Fabricated House Competition Awards, tim Politeknik Negeri Bandung berhak atas hadiah Rp15 juta. Anggota tim terdiri dari Drs. Antonius Siswanto, SST, M.T. (dosen pembimbing); Andri Sopyan (mahasiswa); Doni Mardian (mahasiswa); Taufik Faris Ismail (mahasiswa); Triadi Bagus Gumilar (mahasiswa).

TAMPAK DEPAN

TAMPAK ISOMETRI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.