KULKAS YANG BISA DIAJAK NGOBROL

MELIHAT LANGSUNG

Rumah - - Peranti -

ernah menonton film berjudul Her? Film itu mempertontonkan kemesraan hubungan antara seorang laki-laki dengan komputernya, yang bisa dia ajak ngobrol setiap hari. Dikemas dalam genre romance science fiction, film ini sangat imajinatif. Tapi sebenarnya “keajaiban” teknologi yang dipamerkan di film itu cuma sejengkal saja jaraknya dari kehidupan nyata kita saat ini. Ya, kini sudah ada alat-alat rumah tangga yang dapat kita ajak bercakap-cakap melalui layanan pesan seperti kita bercakap-cakap dengan seorang teman.

LG, perusahaan asal Korea, Mei lalu mengeluarkan beberapa produk rumah tangga yang dilengkapi fitur HomeChat, yang memungkinkan penggunanya berbalas pesan dengan si produk tersebut. Awal Desember lalu, Tabloid RUMAH berkesempatan menyaksikan langsung produk-produk tersebut di LG Best Shop di Seoul, Korea Selatan, yang didemokan oleh Yong-joon Kim, Manager LG Home Application User Expert Team.

Bisa Chatting Lewat LINE

Produk-produk yang dilengkapi fitur HomeChat ini adalah mesin cuci, kulkas, oven, AC, dan vacuum cleaner. Sedangkan obrolannya bisa dilakukan melalui layanan pesan LINE yang saat ini memang cukup populer. Perantiperanti ini juga bisa membalas pesan Anda dengan mengirimkan lebih dari 40 stiker LINE yang luculucu.

Seperti apa produk-produk pintar ini dan apa saja yang bisa kita obrolin dengan mereka?

Si Kulkas yang Doyan “Selfie”

Fitur HomeChat sangat terasa serunya ketika didemokan pada kulkas. Kita bisa mengetik pesan menanyakan berapa suhu kulkas saat ini, dan si kulkas akan menjawabnya. Lalu bila ingin, kita bisa meminta si kulkas untuk mengubah suhu.

Kulkas pintar ini dilengkapi kamera yang diletakkan di bagian dalam. Layaknya ABG yang senang selfie (memotret diri sendiri), si kulkas ini juga akan memotret bagian dalam kulkas pada saat diminta atau ketika kita membuka dan menutup kulkas.

Pada saat kita sedang berada di supermarket, kita bisa bertanya pada kulkas di rumah, bahan makanan apa saja yang masih tersimpan di dalamnya. Sebagai balasan, kulkas akan mengirimkan foto yang menggambarkan kondisi terakhir kulkas dibuka. Jadi Kita dapat menentukan bahan makanan apa saja yang sudah habis dan perlu dibeli. Kulkas pintar LG ini juga dilengkapi layar LCD yang ditanam pada bagian depan pintu. Dengan demikian kita dapat mengecek isi kulkas (berupa foto) tanpa harus membuka pintu. Seperti kita ketahui, sering membuka pintu kulkas membuat si kulkas bekerja lebih keras.

Yang menarik, kulkas ini juga bisa lho, memberikan rekomendasi menu masakan berdasarkan bahan makanan yang tersedia di kulkas saat itu.

Mesin Cuci yang Pengertian

Selain kulkas, peranti LG lain yang juga memiliki fitur HomeChat adalah mesin cuci. Kehebatannya, Anda bisa meminta mesin cuci untuk mencuci dengan mode dan durasi sesuai jenis pakaiannya.

Selain itu, bila kita meninggalkan rumah dalam keadaan mesin cuci sedang bekerja, kita bisa mengetik “What are you doing?” untuk mengetahui sudah sampai mana proses mencucinya. Atau bisa juga sebelum pergi kita sudah memasukkan pakaian kotor dan deterjen ke dalam mesin cuci. Di jalan baru kita mengetikkan “Start washing cycle,” dan mesin cuci akan mulai mencuci. Ketika kita sampai di rumah, mesin cuci selesai mengerjakan tugasnya, kita tinggal mengeluarkan pakaian tersebut.

Oven yang Seperti Koki

Lain lagi cerita oven. Pada oven, kita bisa bertanya bahan apa saja yang dibutuhkan untuk memasak menu tertentu dan bagaimana metode memasaknya.

Saat kita dalam perjalanan pulang ke rumah, ketikkan “Returnhome”, dan oven pun akan bertanya, “What dish would you like to make today?” Lalu ia akan membuka jendela pencarian resep yang bisa kita lihat pada layar ponsel. Seperti punya koki pribadi!

Tiga Mode

Peranti yang dilengkapi fitur HomeChat ini menyediakan 3 pilihan mode: vacation, away, dan returnhome. Bila kita mengirim pesan I’m away, maka alat akan menerjemahkan bahwa kita tidak berada di rumah, dan akan merespon.

Untuk AC, misalnya, saat kita mengirim pesan teks “I’m away”, ia akan mati secara otomatis. Sedangkan kulkas akan mengirimkan foto terakhir yang diambil, yaitu saat kita terakhir membuka kulkas.

Pesan “return-home” diartikan bahwa kita sedang dalam perjalanan menuju rumah. Saat udara sedang panas, Anda yang berada di perjalanan menuju rumah dapat mengirim pesan ini pada AC, dan ia akan menawarkan diri untuk menyala saat itu. Jadi, ketika Anda sampai rumah, ruang tidur Anda sudah sejuk.

Saat ini, produk-produk tersebut baru tersedia di Korea. Namun tidak lama lagi, mesin cuci pintar akan masuk ke Indonesia. Semoga koneksi internet di Indonesia semakin baik, sehingga kecanggihan alat-alat ini dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Setelah itu, kita tinggal menunggu, kapan kita bisa bercakap-cakap dengan peranti menggunakan suara, seperti yang dipamerkan di film Her. Pasti seru!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.