MESIN CUCI

Rumah - - Peranti -

Tabloid RUMAH juga berkesempatan mengunjungi pabrik mesin cuci LG yang berada di Changwon, Korea Selatan. Sayangnya kami tidak diperkenankan mengambil foto di bagian dalam pabrik.

Pengawas dan penanggung jawab pabrik Seong-il Kim menjelaskan, untuk membuat mesin cuci, mereka menggunakan robot. Rak-rak berjalan sendiri mengikuti garis berwarna silver pada lantai, membawa komponen dari satu tempat ke tempat lain.

Ada dua hal menarik di pabrik ini. Pertama, efisiensi tenaga. Orang yang bekerja di dalam pabrik cukup berdiri di posnya masing-masing. Komponen mesin cuci “berjalan” melalui semacam rel dan “mendatangi” pekerja. Sehingga setiap pekerja tidak perlu melakukan banyak gerak untuk melakukan pekerjaannya.

Hal kedua, efisiensi ruang. Untuk menghemat tempat, digunakan ruang di atas kepala kita untuk jalur memindahkan komponen. Jadi saat berada di sana kami sempat dikagetkan dengan adanya komponen yang tiba-tiba muncul. Setelah ditelusuri ternyata berasal dari sisi lain, dan benda tersebut mendatangi pekerja melalui rel yang menempel pada plafon.

Tidak heran, mesin cuci yang canggih itu dihasilkan dari pabrik yang tidak terlalu luas dengan pekerja yang terbilang sedikit.

Inilah pemandangan di salah satu sudut pabrik mesin cuci LG. Setelah perakitan selesai, mesin

cuci berbaris rapi, “berjalan” pada relnya (atas). Di pabrik LG ini juga terdapat showroom yang sangat luas, yang memajang seluruh produk-produk home

appliance LG (kiri).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.