GENTING MELOROT

Rumah - - Sudut -

Genting yang melorot disebabkan banyak hal. Pertama, kemiringan atap terlalu miring (di atas 400), sehingga menyebabkan genting terlepas dari dudukan reng. Kedua, pemasangan genting dilakukan asal-asalan, sehingga saat ada getaran (misalnya karena hujan deras atau angin kencang) menyebabkan genting melorot dari dudukan reng. Ketiga, rangka atap keropos karena dimakan usia atau dimakan rayap, sehingga menyebabkan reng tempat dudukan genting patah.

Untuk pencegahan, lakukan pengecekan genting secara rutin menjelang awal musim hujan. Pengecekan ini berupa pengecekan semua hal di atap. Anda juga harus mengecek kondisi struktur atap secara rutin, terutama untuk rumah yang sudah berdiri di atas 3 tahun. Idealnya, pencegahan awal ini dilakukan sesaat setelah pemasangan genting selesai. Ini untuk memastikan bahwa semua genting terpasang sempurna di dudukan sehingga kemungkinan melorot kecil. Jika volume air yang masuk ke dalam rumah terbilang besar, Anda harus segera menutup atap dengan terpal agar air tak mengalir masuk ke dalam rumah. Jika langkah ini tidak bisa Anda lakukan, segera jebol plafon Anda searah titik jatuhnya air agar air langsung turun ke dalam ruangan. Lalu, tadahi dengan ember. Penjebolan ini memang merusak sebagian plafon, tapi ini langkah terbaik agar air tidak merembes ke plafon lainnya.

Jika volume air yang masuk masih kecil, Anda bisa memperbaikinya setelah hujan reda. Jangan lupa untuk mengelap bagian atas plafon agar tak ada genangan air di plafon yang membuat plafon rusak.

Inilah solusi ideal yang bisa Anda lakukan.

Jika kontruksi atap Anda tak ideal, Anda dapat menata ulang konstruksi kemiringan atap (alias bongkar total) sehingga kemiringan atap ideal sesuai dengan jenis penutup atap (genting) yang Anda pakai.

Jika desain arsitektural rumah mengharuskan kemiringan atap dibuat lebih dari 400, pilihlah genting yang dilengkapi lubang paku untuk mengunci kedudukan genting supaya tidak melorot.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.