RONGGA DI ANTARA 2 DINDING

Rumah - - Sudut -

Biasanya ini terjadi di perumahan yang rumahnya menempel satu dengan yang lainnya (rumah kopel), atau di rumah padat penduduk. Penyebabnya adalah sebagai berikut.

Celah di antara 2 dinding tidak diisi plesteran. Atau, diisi plesteran tetapi tidak tertutup sempurna.

Bagian atas dinding tidak ditutup pelat.

Sudah diplester, tetapi bagian atas dindingnya tidak diwaterproofing. celah ini dengan menggunakan waterproofing tipe semen.

Jika terjadi kebocoran di antara 2 dinding ini, solusi darurat yang dapat dilakukan hanyalah menutup area ini dengan terpal.

Untuk masalah bocor dan rembes yang sumbernya dari celah pertemuan 2 dinding, dibagi menjadi 2 kasus. Inilah kedua kasus beserta solusinya. Kedua dinding sejajar • Tutup celah perbatasan dengan menggunakan plesteran dari semen instan hingga tertutup rapat. Diamkan 1 x 24 jam hingga plesteran mengering. • Lapisi permukaan yang diisi plesteran dengan waterproofing yang berbahan dasar semen + kain kasa dengan 2 kali pelapisan. • Jika Anda masih merasa perlu pelindung tambahan, tambahkan pelat baja di bagian atasnya menyerupai bentuk U selebar 2 dinding. Kedua dinding tak sejajar • Bobok sedikit plesteran dinding yang paling tinggi untuk tempat pelat. • Tutup celah perbatasan dengan menggunakan plesteran semen instan hingga tertutup rapat. Diamkan 1 x 24 jam hingga plesteran mengering. • Lapisi permukaan yang diisi plesteran dengan waterproofing yang berbahan dasar semen + kain kasa dengan 2 kali pelapisan. • Tambahkan pelat baja berbentuk huruf “Z”. Kaitkan ujung baja ke bagian yang di bobok lalu tutup dengan plesteran. Diamkan 1x24 jam, lalu plester bagian ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.