Solusi Ahli

Rumah - - Solusi -

Sehabis pulang berwisata, saya dan keluarga sudah tidak sabar untuk masuk ke dalam rumah. Kami lelah dan ingin bersantai. Tapi, setelah memutar kunci dan menekan gagang, pintu malah tidak bisa terbuka. Saya ogah mendobraknya karena akan membuat kusen pintu rusak. Bagaimana membuka kunci pintu di saat darurat tersebut?

Agus Setiawan, Jakarta

Beberapa hal yang menyebabkan pintu “macet” atau susah dibuka, antara lain adalah masuknya benda-benda asing atau kotoran ke dalam rumah kunci (silinder) atau terjadinya karat pada sistem mekanis kunci pintu. Penyebab lainnya adalah pegas atau per mekanis kunci pintu yang lemah, rusak, atau putus. Bisa juga terjadi karena baut dan dudukan kunci pintu yang goyang, pengoperasian anak kunci ke silinder belum pas tapi dipaksakan, kunci pintu telah tua, dan sebab-sebab mekanis lainnya.

Cara membuka pintu tanpa harus mendobrak adalah dengan menggunakan obeng minus dan palu (atau benda apa saja dari logam yang cukup tipis dan bisa dipukul bagian ujungnya). Kemudian, cari engsel pintu lalu berikan pelumas pada celah yang terbuka. Ketuk atau pukul engsel dengan palu hingga semua baut terbuka dan engsel terlepas dari rumahnya. Bila semua engsel sudah terlepas, maka Anda bisa mencungkil daun pintu sedikit demi sedikit.

Bayu Aji Fibriantoro, Promosi Manager Bellezza (Produsen Kunci)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.