Hilangkan Masalah, Rumah Tetap Indah

Panas dan gelap adalah dua hal yang kerap terjadi pada sebuah hunian. Desainer rumah ini mencoba mengatasinya dengan tetap mengutamakan estetika.

Rumah - - Rumah Kita - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com FOTO ARIF BUDIMAN

Rumah contoh yang berada di klaster Greenwich Perumahan Royal Residence Surabaya ini, mungkin mewakili rumah-rumah masa kini. Dengan luas yang tak terlalu besar, ia memiliki beberapa masalah, di antaranya bukaan yang menghadap ke barat dan bagian dalam rumah yang gelap. Melalui desain, arsitek rumah ini menyelesaikan masalahmasalah tersebut dengan tetap mempertahankan keindahan rumah.

Penangkal Sinar Matahari yang Cantik

Posisi bangunan dan bukaan yang tak sepenuhnya menghadap ke arah utara dan selatan, membuat cahaya matahari barat yang panas dapat masuk. Walau potensinya kecil karena tak tegak lurus dengan arah datangnya sinar, situasi ini dikhawatirkan akan mengganggu kenyamanan penghuni rumah saat berada di dalamnya.

Untuk mengurangi intensitas matahari, terutama di lantai 2, pada fasad rumah diletakkan sunscreen yang terbuat dari kayu yang difinishing cat berwarna cokelat.

Desainnya yang unik dengan detail menarik membuat sunscreen ini bukan sekadar melindungi, tapi juga menghiasi tampak depan rumah.

Sementara di lantai 1, sang arsitek melapisi dinding di sebelah kiri dengan batu alam. Di balik dinding ini terdapat kamar tidur yang butuh kenyamanan. Penggunaan batu alam, selain mempercantik tampak depan rumah, juga dimaksudkan untuk sedikit meredam panas matahari yang mengenai permukaan dinding.

Plafon Tinggi dan Bukaan Lebar

Masalah kedua yang kerap terjadi pada sebuah hunian adalah bagian dalam rumah yang gelap. Namun itu tidak terjadi di sini. Ini berkat bukaan yang optimal. Ya, semua ruang di rumah ini didesain bersentuhan dengan area luar sehingga cahaya matahari dapat masuk leluasa ke dalam ruangan dan membuat ruang tetap terang.

Sirkulasi udara juga tetap diperhatikan. Agar udara mengalir lebih baik, plafon dibuat dengan jarak lebih dari 3m. Peninggian plafon juga menjadi solusi untuk membuat ruang terlihat lebih tinggi sehingga terasa lega.

Fasad bangunan tampil atraktif dan menarik.

Sunscreen ini melindungi sekaligus

mempercantik fasad rumah.

Yenny, desainer interior dari Rooms, Beyond Your Imagination.

Kitchen set yang dirancang dalam balutan warna putih. Selain terlihat modern, dapur pun terlihat sangat bersih.

Penggunaan detail seperti di headboard ini, membuat interior tampil berkarakter dan unik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.