WARNA BARU DI AREA SIRKULASI

Inilah hasilnya ketika ramp tak hanya disikapi sebagai elemen sirkulasi luar ruang namun juga diaplikasikan di ruang dalam.

Rumah - - Inspirasi - TEKS JOHANNA ERLY WIDYARTANTI erly@tabloidrumah.com FOTO ARIF BUDIMAN

Di mana biasa digunakan ramp? Di ruang luar, misalnya carport, sebagai sarana pencapaian ke teras depan rumah. Penggunaan lain sebuah elemen ramp adalah di bangunan publik, sebagai wujud kepedulian pada pengguna kursi roda dan kaum difabel lainnya agar memiliki akses yang lebih mudah.

Namun, oleh arsitek Jefry Sandy, ramp digunakan sebagai sarana sirkulasi pengganti tangga di dalam rumah. Maka, sebuah ruang transisi yang aman dan nyaman pun diwujudkan di sini. Ramp ini juga memberi pengalaman yang berbeda dan khas bagi penggunanya saat melewatinya.

Sesuai fungsinya, ramp yang bentuknya mengadaptasi kemiringan tangga dengan derajat yang lebih landai ini, memberi kenyamanan bagi penghuninya, baik yang muda, juga yang lanjut usia, bahkan bagi pengguna kursi roda.

Saat tangga menjadi halangan bagi pengguna dengan keterbatasan gerak dan usia, ramp memberi kemudahan. Karenanya, seperti dituturkan oleh Harry Roseno, pemilik rumah, rumah ini menjadi lebih sustainable (bersifat jangka panjang) dan akan tetap nyaman dihuni ketika nanti dirinya

Ruang kerja sekaligus ruang santai terasa segar oleh kehadiran dinding kaca lebar yang “merangkul” ruang luar ke dalam.

Ruang yang tampil cukup “berwarna” adalah kamar anak. Sentuhan warna pada soft furnishing dan aksesori mewakili karakter penghuninya yang masih usia remaja.

Eksplorasi material kayu pada pijakan ramp dengan menggunakan parket solid.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.