DENGAN AREA RESAPAN

Rumah - - Lintas Kota -

Intinya adalah memanfaatkan air gratis (hujan). Fakta tentang persediaan air di bumi, 70% berbentuk cair di mana 97,5% merupakan air laut dan hanya 2,5% air bersih. Dari 2,5% air bersih ini, 69% tersimpan di gletser di kutub, 30% merupakan air tanah, dan sisanya 1% berupa air permukaan (sungai, danau, dan rawa). Nah, persediaan air bersih yang sedikit itu harus dibagi untuk seluruh penduduk di bumi dan mahkluk hidup lainnya.

Desain rumah yang baik tak didominasi oleh perkerasan dan menyediakan area sebagai peresapan air. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat kolam resapan air hujan yang membantu proses penyerapan air pada saat hujan. Membangun rumah harus memperhatikan ketersediaan lahan terbuka hijau untuk penyerapan air.

Hindari menutupi halaman dan teras dengan semen seluruhnya. Cukup tanami rumput atau komposisi hijauan. Gunakan paving berumput atau grassblock. Bila halaman terlalu becek Anda bisa menata batuan alam dan perpaduannya sehingga halaman tetap nyaman dipijak, tetapi tetap dapat meresapkan air ke tanah. Air yang tergenang kalau tidak diatasi dapat mengakibatkan banjir dan menjadi tempat bersarang bibit penyakit.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.