KELOLA PANAS

Rumah - - Lintas Kota -

Panas sudah menjadi bagian dari keseharian kita, apalagi yang tinggal di kota. Pada siang hari di musim panas yang terik, suhu di luar bisa mencapai 320C. Dengan kondisi ini, berada di bawah naungan atap rumah pun kita akan merasa kepanasan, bahkan lebih parah, plus pengap. Karena itu, menciptakan bangunan yang bisa ditinggali dengan nyaman menjadi suatu tantangan sulit.

Solusi instan yang biasa ditempuh orang adalah menggunakan pendingin udara atau air conditioner. Usaha ini akan berhasil menurunkan suhu udara di dalam rumah, namun akan meningkatkan suhu udara makro luar ruang. Pemakaian energi pada sektor ini pun menjadi tidak lagi terbatasi dan menjadi konsumsi energi terbesar dari sebuah rumah.

Membuat ruang hijau sebanyak mungkin, tentu merupakan solusi yang lebih bijak. Secara vertikal, ruang hijau diwujudkan dengan membuat media rambat bagi tanaman rambat. Tanaman rambat ini seakan menjadi benteng bagi rumah. Hal ini akan menurunkan suhu udara luar ruang yang akhirnya akan memengaruhi suhu udara di dalam ruangan. Dengan tanaman rambat , radiasi panas matahari akan tersaring sehingga pancaran panas matahari menjadi tereduksi secara alami

Sedangkan cara horizontal, menghadirkan hijauan dapat dilakukan dengan cara membuat taman atap. Membangun taman di atap bangunan bertingkat akan meningkatkan kualitas lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global. Hunian jadi lebih nyaman dan indah secara visual. Memperbaiki mutu udara dan meningkatkan kualitas lingkungan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.