MEMERANGI TIKUS

Rumah - - Ruang Utama -

Memeranginya harus dilakukan dengan dua cara yakni mencegah tikus masuk ke dalam rumah dan mengurangi tikus yang sudah terlanjur ada di dalam rumah. Langkah ini harus dilakukan pada saat bersamaan sehingga hasilnya lebih

optimal. sama. Tikus punya indera peraba yang buruk sehingga ia merasa lebih aman melewati jalur yang sudah pernah ia lewati sebelumnya. Mengetahui jalur tikus ini sangat berguna ketika Anda ingin meletakkan umpan atau jebakan.

ia akan meninggalkan “alarm” bahaya melalui urinnya. Hal ini menyebabkan tikus lainnya tak akan mau mendekati jebakan atau umpan yang sama. Jika ingin menggunakan perangkap yang sama, pastikan urin tikus yang mati di sana sebelumnya benar-benar sudah bersih.

PENCEGAHAN

Banyak hal yang membuat tikus luar datang ke rumah. Limpahan makanan, banyaknya tempat yang bisa dijadikan sarang adalah beberapa alasannya. Dibandingkan di luar, berada di dalam rumah lebih aman bagi tikus karena terbebas dari hewan pemangsa.

Menutup semua lubang yang mungkin digunakan tikus sebagai tempat masuk ke rumah, seperti saluran air. Gunakan kawat nyamuk untuk menutup ujung saluran air sehingga tikus got tak masuk ke dalam. Gunakan seal (karet) di lubang pintu. Tutup juga lubang pada sopi-sopi dengan kawat nyamuk.

Mengurangi tempat yang mungkin akan dijadikan sarang tikus seperti tumpukan kardus atau koran bekas.

Jangan sediakan “makanan” yang mengundang tikus masuk ke rumah. Buang secara rutin sampah makanan ke luar rumah. Jika ada tempat sampah, gunakan tempat sampah bertutup yang terbuat dari bahan metal sehingga tak digigiti tikus.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.