MEMERANGI NYAMUK

Rumah - - Ruang Utama -

Memerangi nyamuk termasuk sulit. Ini dikarenakan ukurannya yang kecil, bisa menembus lubang sempit, dan bisa terbang. Selain itu, nyamuk jumlahnya banyak dan siklus hidupnya cepat. Untuk memeranginya, 2 solusi yang bisa Anda lakukan. Pertama, mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. Kedua, membunuh nyamuk yang sudah berada di dalam rumah.

menghadang semua akses masuk nyamuk ke dalam rumah. Caranya, untuk pintu yang berhubungan dengan luar luar dibuat pintu ganda. Satu pintu dibuat layaknya pintu biasa. Pintu lainnya dibuat dengan daun pintu yang terbuat dari kasa nyamuk. Begitu juga dengan jendela dan lubang ventilasi harus dilapisi dengan kasa nyamuk. Dengan sistem ini, rumah masih tetap bisa “bernafas” tetapi nyamuk tak bisa menerjang.

Kedua, lakukan 3M, yaitu menguras, menutup, dan mengubur. Lakukan pengurasan bak mandi setiap 1 minggu sekali, menutup semua tempat penampungan air agar nyamuk tak bersarang, dan mengubur barang-barang bekas agar tak menjadi sarang nyamuk.

jaga kebersihan dalam rumah. Jangan banyak menggantung pakaian kotor di dalam rumah, selalu bersihkan gorden sebulan sekali, dan pakaian bersih harus tertutup di dalam lemari.

jaga kebersihan sekitar rumah. Anda harus bekerja sama dengan tetangga sekitar untuk saling menjaga kebersihan lingkungan. Rumah yang bersih dan lingkungan dapat meminimalisasi keberadaan nyamuk.

Perhatikan area ini dan cek jangan sampai air tergenang di area ini.

Fogging

Jentik nyamuk tak akan mati, jadi setelah di fogging, saluran pembuangan juga segera dibersihkan.

PENCEGAHAN

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan meminimalisasi masuk nyamuk.

PENGUSIRAN/PEMUSNAHAN

Kata siapa nyamuk tak bisa diusir atau dimusnahkan? Bisa kok! Tetapi, agar efektif, setelah pemusnahan ini Anda harus melakukan pencegahan dengan sempurna agar proses yang dilakukan ini tak sia-sia. Karena, kemungkinan nyamuk balik lagi tinggi, jika salah satunya tak diaplikasi.

pengusiran atau pemusnahan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dari mulai penyemprotan dengan aerosol yang dapat Anda beli di pasaran, pengasapan, dan menggunakan gelombang ultrasonik. Akan tetapi, penelitian menyebutkan bahwa cara ini efektif dilakukan untuk jangka waktu yang tak lama. Karena, nyamuk akan cepat beradaptasi dan mengebalkan diri.

yaitu dengan melakukan fogging. Teknik ini biasanya tak melibatkan perorangan, tetapi lingkungan sekitar Anda. Sebaiknya, jika Anda ingin mem- fogging, Anda pilih orang profesional yang mengerti fogging. Ada banyak kasus, jika tempatnya asal, mereka akan menurunkan konsentrat, sehingga nyamuk tak mati, hanya pingsan.

yaitu dengan melakukan Cold Fogging atau pengkabutan. Cara ini hanya dapat dilakukan oleh profesional. Salah satu yang mempunyai jasa ini adalah Rentokil Initial. Kenapa harus dilakukan profesional, karena efeknya berbahaya bagi tubuh manusia. Sistem ini tak hanya membunuh nyamuk tetapi dapat membunuh semua serangga di rumah, termasuk hewan peliharaan. Jika terhirup manusia dapat menyebabkan pingsan dan keracunan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.