JENIS DAN KARAKTERISTIK

Rumah - - Ruang Utama -

Secara garis besar, nyamuk yang sering berada di sekitar rumah terbagi menjadi 3 jenis, yaitu nyamuk demam berdarah (DBD), nyamuk malaria, dan nyamuk kebun.

NYAMUK DBD

Demam berdarah ditularkan nyamuk Aedes aegypti yang mengandung virus Dengue. Ciri- ciri nyamuk ini di bagian abdomennya berwarna belang-belang (loreng) hitam putih, berkembang biak di tempat penampungan air dan barang yang memungkinkan air tergenang, seperti bak mandi, tempayan, drum, vas bunga, ban bekas. Ia biasanya menggigit manusia pada pagi atau sore hari.

Malaria ditularkan oleh nyamuk Anopheles. Ciri dari nyamuk ini adalah antara Palpi dan Proboscis sama panjang. Pada saat hinggap dimanapun, tubuhnya membentuk sudut 900. Warna tubuhnya dominan ke arah cokelat kehitaman. Ia biasa berkembang biak di tempat kotor, tetapi memungkinkan berkembang di tempat bersih. Ia biasanya menggigit manusia pada sore dan malam hari.

Nyamuk ini awalnya hidup di kebun. Hanya, karena kebun semakin sedikit, ia mulai tinggal di rumah-rumah. Dibanding dengan nyamuk DBD dan malaria, nyamuk ini berukuran lebih besar dan berwarna hitam. Nyamuk ini tak membawa virus tetapi dapat membuat bentol-bentol dan gatal di tubuh. Ia berkembang biak di tempat bersih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.