MEMERANGI KECOA

Rumah - - Ruang Utama -

Sama dengan hama lainnya, mengendalikan populasi kecoa di rumah harus dilakukan dengan 2 cara yakni mencegah kecoa berkembang biak dan membunuh kecoa yang sudah terlanjur ada.

PENCEGAHAN

Kecoa hidup dari sisa-sisa makanan, karena itu cara mencegahnya berkembang biak adalah dengan menjaga kebersihan rumah, sehingga kecoa kekurangan makanan dan lama-kelamaan berkurang populasinya. Jangan membiarkan makanan dalam keadaan tidak ditutup ketika siang, terlebih malam hari. Pastikan tidak ada remah-remah makanan yang tercecer. Cucilah semua peralatan masak dan makan habis pakai dan tidak membiarkannya terbuka pada malam hari. Bersihkan bak kontrol atau bak penangkap lemak sehingga lemak tidak mengumpul di sana. Ingat, lemak dan sisa-sisa makanan adalah sumber makanan utama kecoa. Tutuplah semua lubang, celah, dan retakan dinding di sekitar rumah. Jangan menyimpan kantong plastik, kertas, kardus, atau koran di dalam atau sekitar dapur yang menjadi peluang persembunyian kecoa dan ootheca (telur kecoa). Letakkan perangkap kecoa di beberapa titik di tempat yang sering dilewati kecoa. Jika ada kecoa terperangkap, maka jebak lagi di hari berikutnya. Untuk lebih yakin, perangkap bisa dipindah di tempat lain.

sxc.hu

PENGUSIRAN/PEMUSNAHAN

Ada beberapa cara mengendalikan atau memusnahkan kecoa sesuai dengan bentuk produknya. Tentu saja aplikasinya harus dipelajari dengan seksama agar tidak berdampak buruk bagi manusia. Jika populasi kecoa sudah terlalu besar, menggunakan jasa pengendali hama profesional adalah solusi yang tepat.

- yang banyak tersedia di pasaran ini biasanya langsung disemprotkan ke kecoa yg terlihat. Cara ini kurang efektif untuk kecoa jerman karena ia tinggal di retakan-retakan yang kerap sulit dijangkau.

-Menggunakan yang dipasang pada tempat tertentu. Ada lem yang sifatnya pasif, menunggu kecoa terjerat, dan ada juga yang sifatnya aktif, mengundang kecoa untuk tertarik datang dan terperangkap.

- Gel baiting yang merupakan umpan bagi kecoa. Blattanex Gel keluaran Bayer contohnya, digunakan dengan cara menekan aplikatornya sehingga keluar gel sekitar 5mm. Kecoa yang kenyang memakan umpan ini akan kembali ke sarangnya dan mati di sana. Ini termasuk cara yang aman karena kecoa yang mati tidak bertebaran di mana-mana.

PENGENDALIAN SARANG

Sarang kecoa amerika (di got, saluran pembuangan, dan kontrol) harus diberi treatment untuk membunuh kecoa-kecoa yang bersarang di sana. Ada beberapa teknik pengendalian antara lain dengan sistem fogging. Namun teknik ini harus dikerjakan oleh tenaga ahli dan dilakukan secara kontinyu (beberapa bulan) sehingga kecoa tak kembali ke sana.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.