MEMERANGI RAYAP

Rumah - - Ruang Utama -

Memerangi rayap termasuk pekerjaan ribet dan memerlukan biaya cukup besar. Pengerjaannya pun lebih disarankan langsung ke ahlinya dibanding dilakukan diri sendiri. Alasan, bahan kimia yang digunakan cenderung berbahaya jika terkena tubuh. Selain itu, rayap akan tetap ada jika ratunya tak kunjung mati. Sementara, letak ratunya tersembunyi di sarang yang paling aman hingga harus tahu betul teknik mematikannya. Ada 2 solusi yang bisa Anda lakukan. Pertama, mencegah rayap masuk ke dalam rumah. Kedua, membunuh rayap yang sudah bersarang di dalam rumah Anda.

PENCEGAHAN

Idealnya, pencegahan ini dilakukan sebelum proses pembangunan rumah. Metodenya, dengan menggunakan sistem proteksi bangunan terhadap rayap. Bahan kimia yang digunakan berupa spray hidrolik. Langkahnya sebagai berikut.

Gali fondasi rumah Anda sesuai dengan gambar denah rumah. Setelah penggalian selesai, lakukan penyemprotan di seluruh permukaan dinding fondasi tanah termasuk area sekitar permukaan fondasinya. Jika sudah terproteksi, Anda bisa melanjutkan proses pengerjaan fondasi rumah.

Tambahkan zat anti-rayap ketika Anda membuat struktur. Penambahan ini dilakukan karena struktur adalah elemen rumah yang membuat rumah berdiri kokoh. Jangan sampai rayap menghancurkan struktur rumah Anda.

Yang tak boleh terlewatkan adalah menambahkan zat antirayap di area bawah pekerjaan lantai, yang dilakukan sebelum proses pemasangan lantai. Area ini harus terproteksi rapat dan sempurna agar rayap tak dapat menyerang dan menembus rumah Anda.

Bagaimana jika rumah yang Anda tempati beli jadi dari pengembang dan tak memiliki belum diberi ant-rayap? Anda dapat menyuntikkan beberapa cairan antirayap di area tempat masuknya rayap seperti, permukaan lantai dan struktur rumah. Tetapi, cara ini jarang dilakukan karena dianggap pemborosan dan belum tentu rumah terkena rayap.

Selama hidupnya ia akan terus mengunyah tanpa henti. Ini yang membuat rumah Anda berbahaya jika terserang rayap.

tetapi bukan berarti rayap tak akan memakan kayu ini. Ia hanya akan memakan kayu ini dalam keadaan terpaksa ketika makanan yang ada di sekitarnya tak ada lagi. Jenis kayu yang disukai rayap contohnya kayu albasiyah dan pinus. Sementara kayu yang tak disukai rayap adalah mahoni dan jati.

PENGUSIRAN/PEMUSNAHAN

Ada beberapa hal yang dapat Anda jadikan patokan rumah Anda sedang terserang rayap atau tidak? Anda melihat rayap langsung; terdapat “tabung tanah” atau jalan rayap di salah satu sudut rumah; terdengar bunyi kretek-kretek yang sumbernya dari dalam dinding, struktur, furnitur, plafon, struktur atap, atau lantai; ada banyak bubuk kayu; kayu keropos; serta banyak laron di rumah saat musim hujan. Jika Anda mengalami salah satu dari ciri di atas, segera lakukan 2 hal ini.

segera lakukan penyuntikan ( jika terjadi di dalam lantai, dinding, struktur) atau penyemprotan ( jika terlihat di permukaan) zat antirayap di area sekitar sumber rayap. Untuk penyuntikan ini dilakukan dengan cara pengeboran bagian yang terkena rayap. Efek ini bisa langsung terlihat karena rayap langsung mati. Kekurangannya, akibat penyuntikan ada beberapa elemen rumah yang rusak karena pengeboran.

Kedua, metode pengumpanan. Jadi, rayap diberi makan selulosa yang telah dicampur racun. Karena sistemnya mengumpan, rayap tak akan mati seketika. Racun yang telah dimakan rayap pekerja akan dibawa ke dalam sarang terdalam hingga mencapai ke ratu rayap. Mereka pada akhirnya akan mati perlahan dalam jangka waktu tertentu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.