34

Rumah - - Arsitektur -

www.

com berdasarkan prinsip pembangunan kota Romawi kuno. Jaringan jalanan dibangun dari utara ke selatan dan barat ke timur, sehingga membentuk blok-blok berbentuk persegi panjang. Di sumbu persilangan jalan, berdiri forum lengkap dengan pasar dan gedung para penguasa kota.

Areal kota seluas kira-kira 285ha dikelilingi tembok sepanjang 6,5km. Pintu gerbang utara, Porta Nigra, dibangun abad 2 Masehi, masih berdiri tegar hingga kini. Sebagai pelengkap, mereka membangun sebuah jembatan di atas sungai Mosel, serta sebuah amfiteater.

Pemandian umum sebagai sarana kebersihan warga didirikan. Bangunan saluran air ( aquaduct) untuk memenuhi kebutuhan air warga nyaris tak tersisa. Pun sisasisa tempat pemujaan (Kapitol), tersisa hanya pondasinya.

PORTA NIGRA

Banyak misteri menyelimuti kota Trier pada abad kedua masehi yang belum berhasil dipecahkan oleh para sejarahwan dan arkeolog. Di abad kedua masehi, kota Trier mengalami pertumbuhan pembangunan pesat. Namun tak ada catatan khusus dalam sejarah menyebutkan hal itu.

OLEH: IRAWATI PRILLIA *)

Hauptmarkt Trier Marktbrunnen, air mancur di tengah Hauptmarkt Square.

tabloidrumah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.