Rumahku Bukan Untukmu

Rumah - - Belanja - @dekardha Made Mardiani Kardha Editor in Chief dian@tabloidrumah.com

harus hidup berdampingan dengan mahluk hidup. Tapi kalau mahluk hidup itu rayap, tikus, kecoa, nyamuk? Tentu Anda tidak sudi hidup berdampingan dengannya.Tapi kenyataannya mereka kadang mampir dan numpang hidup di rumah kita, serta sering juga merugikan hidup kita.

Si rayap yang rakus, tak pernah henti memakan semua yang mengandung selulosa. Tikus, katanya sih tidak jahat, cuma dia akan melubangi apapun yang menghalangi jalannya. Bagaimana dengan kecoa? Hewan ini memakan segalanya!

Melenyapkan mereka dari hadapan kita, tidak mungkin. Kecoa, misalnya, konon kabarnya ada di hampir semua belahan bumi ini. Hewan yang susah mati ini senang bertelur dan sekali bertelur jumlahnya ribuan. Jadi bisa kebayang bila ada satu saja kecoa yang bertelur di rumah kita, kan?

Ngomong soal kecoa, saya punya pengalaman buruk dengan hewan ini. Suatu waktu, saya menemukan keturunan baru kecoa, berbentuk seperti biji kecil berwarna cokelat tua di dalam lemari dapur. Ternyata itu “kantung” berisi beberapa telur kecoa.

Saya pikir masalah selesai dengan saya membuang telur kecoa itu. Tapi ternyata, di kemudian hari saya menemukan benda menyerupai biji cokelat itu di berbagai tempat yang berbentuk ceruk kecil. Mulai dari lubang kecil pada mixer sampai lubang pada handle pintu. Hiii... Ternyata kecoa memang senang menaruh telurnya di tempat-tempat seperti itu.

Tidak lama kemudian, saya merenovasi rumah besarbesaran. Setelah renovasi, kecoa beserta keluarganya menghilang. Juga nyamuk dan tikus. Sampai sekarang, tidak ada lagi telur-telur kecoa. Ternyata, saat merenovasi saya juga membersihkan rumah dan membuang semua rongsokan. Itu yang membuat kawanan hewan itu tidak muncul lagi.

Intinya, karena kita tidak bisa mengenyahkan mereka dari muka bumi, yang bisa kita lakukan adalah membuat mereka tidak menyukai rumah kita. Selama rumah kita selalu bersih, pasti mereka ogah menginap di rumah kita.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.