INI RESEPNYA!

Rumah - - Ruang Utama -

Ada beberapa elemen yang dapat memengaruhi kualitas sebuah dapur. Elemen-elemen ini pulalah yang menentukan bujet pembuatan dapur Anda. Oleh sebab itu, dalam mendesain dapur berbujet rendah namun berkelas beberapa elemen ini harus diperhatikan. Apa sajakah itu?

DESAIN

Desain menjadi hal yang penting dalam membangun dapur impian. Konsep desain tersebut akan memudahkan Anda dalam menentukan finishing yang tepat nantinya.

MATERIAL KABINET

Biasanya dalam pembuatan kabinet dapur, material multipleks adalah primadonanya. Namun, bila ingin menekan biaya Anda bisa menggunakan material blockboard. Potongan kayu yang dipadatkan dan diberi pelapis veneer di kedua sisinya ini cukup baik untuk material pembentuk rak dan kitchen set.

TABLE TOP

Table top dari granit dapat membuat harga dapur menjadi mahal. Untuk memberikan tampilan serupa granit alam, homogeneous tile adalah pilihannya. Homogeneous tile memiliki varian motif dan tekstur beragam, sehingga Anda dapat memilihnya sesuai desain dapur.

BACKSPLASH

Material kaca dan stainless steel merupakan material populer dalam memberi kesan mewah pada dapur. Namun harga kedua material ini cukup mahal, sehingga untuk menyiasatinya, aplikasikan hanya bagian-bagian tertentu, misalnya di area bak cuci. Selain itu, material lain yang saat ini kembali berjaya adalah keramik. Material ini dikenal dengan harga murah, motif yang menarik, dan perawatan minim.

FINISHING

Duco memang memberikan tampilan yang “wah”, tapi harganya juga selangit. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan high pressure laminate (HPL) sebagai bahan finishing- nya. Ragam motif dan warna yang dihadirkan mampu memberikan kesan mewah yang diinginkan. Lapisan HPL lebih kuat sehingga tahan terhadap panas dan tidak mudah tergores. Atau bisa juga, padukan duco dengan bahan HPL ini sehingga bujet Anda dapat ditekan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.