PENUTUP ATAP

Rumah - - Rumah Sehat -

membuat kulit Anda terasa panas, baju berwarna hitam, bukan?

Berkurangnya suhu tentu mengurangi biaya yang digunakan untuk mendinginkan ruangan. Menurut Naning, energi yang digunakan untuk mendinginkan ruang cukup besar, yakni sekitar 46% energi listrik total yang digunakan di rumah. Menurunkan suhu ruang, berarti mengurangi pemakaian energi yang artinya juga mengurangi tagihan listrik yang harus dibayarkan.

Walaupun warna putih memiliki koefisien penyerapan panas yang cukup kecil, bukan berarti kita harus mengecat atap rumah dengan warna putih. Warna cerah yang dimaksud Naning adalah warna-warna tanah yang umumnya dijumpai pada genting tanah liat. Warna seperti ini sudah cukup baik memantulkan cahaya matahari.

Prof. Yandi Andri Yatmo, dosen Departemen Arsitektur Universitas Indonesia, mengatakan, mengecat atap dengan warna putih bisa menimbulkan ketidaknyamaan visual, apalagi bila diimplementasikan pada bangunan rendah. “Silaunya bisa mengganggu mata,” ucap Yandi. Lain halnya dengan bangunan tinggi, bila bagian atapnya dilapisi warna putih, pantulannya tidak menyilaukan bangunan sekitarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.