KUIL KEK LOK SI

Rumah - - Arsitektur -

Dinobatkan sebagai kuil Buddha terbesar se-Asia Tenggara, kuil Kek Lok Si, atau yang juga dijuluki sebagai “Temple of Supreme Bliss”, terletak di Air Itam, Pulau Penang. Kuil ini berdiri di atas bukit bernama He San, yang secara geometris dianggap memiliki fengsui terbaik untuk membangun kuil.

Kuil Kek Lok Si dibangun pada tahun 1891 oleh biksu Tiongkok. Pembangunan yang memakan waktu hingga 20 tahun ini menghasilkan kompleks kuil yang terdiri dari aula doa, pagoda, menara bel, kolam, dan kompleks patung. Bangunan utama yang memikat para turis di antaranya: Pagoda Rama VI (Ban Po Thar) yang berisi 10 ribu patung Buddha; kolam kura-kura; dan patung raksasa dewi Kwan Im (dewa welas asih) dengan tinggi hampir 37m. Arsitektur bangunan kuil ini merupakan akulturasi gaya Tiongkok, Thailand, dan Burma.

Menjelang Tahun Baru Imlek, umat Buddha berbondong-bondong mengunjungi kuil untuk berdoa, mengajukan permohonan, dan memberikan sumbangan berupa uang dan sembako. Puncak teramai terjadi pada malam Tahun Baru Imlek, di mana puluhan ribu pengunjung datang untuk menyaksikan parade lampu dan lampion merah yang menyala berwarna-warni di sekeliling kuil.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.