Batik Naik Pamor dari Pakaian ke Interior

Batik yang terkenal di fesyen, kini juga meramaikan dunia interior. Keindahan corak, motif, dan warnanya yang menawan, memikat para desainer interior dan arsitek untuk mengaplikasikan batik di setiap karyanya.

Rumah - - Interior - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Demam batik. Itulah yang terjadi pada banyak orang dalam waktu yang hampir bersamaan, menggandrungi kain tradisional asli Indonesia ini.

Ya, batik seolah membius semua orang, dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Batik juga “menjerat” semua kalangan, dari kalangan orang biasa, pebisnis, politisi, hingga artis. Semua berlomba-lomba memamerkan keindahan pesona corak, motif, dan warna batik yang begitu beragam.

“Saya penggemar batik dari dulu sampai sekarang. Dulu aja suka, apalagi sekarang makin suka. Batik sekarang itu motifnya kerenkeren. Model pakaiannya pun bagusbagus. Tak hanya suka memakainya, saya juga mengaplikasi batik di semua gerai restoran yang saya miliki,” ucap Swan Kumarga, pemilik restoran Dapur Solo.

Pesona keindahan batik ini memang tak hanya memikat para desainer pakaian. Kini, banyak desainer interior dan arsitek yang menggunakan material batik untuk pembuatan karyanya. “Saat diaplikasi ke dalam ruang, batik mampu membuat desain terlihat unik dan menarik,” ucap Chandra, dari konsultan dradra99 architects.

Kesan kuno dan ketinggalan zaman yang dulu sempat melekat di batik, kini sirna. Batik mampu bermetamorfosa dalam banyak tampilan. Bak bunglon, ia mampu tampil dalam wajah etnik, tradisional, kontemporer, atau modern. “Semua tergantung cara mengemasnya. Kalau mau dibuat desain tempo dulu, bisa. Mau desain modern juga bisa. Sangat fleksible,” ucap Chandra.

MATERIAL CORAK BATIK

Yang menarik, booming batik di kalangan desainer interior dan arsitek membuat beberapa produsen bahan bangunan menciptakan material bercorak batik. Sebut saja Venus dan Indogress yang membuat ubin bermotif batik.

“Ada 6 motif batik yang telah diproduksi dan dijual di pasaran. Ada 3 jenis ukuran, yaitu ukuran 20cm x 20cm, 30cm x 30cm, dan 40cm x 40cm,” ucap Tamzil, Manager Marketing PT Venus Ceramica International.

Sementara, Catherine Lesmana, Customer Relations Officer PT Asri Pancawarna, mengungkapkan bahwa Indogress juga mengeluarkan ubin motif batik yang diberi tema Etnika Series. “Jenisnya ada 2 macam dengan ukuran 30cm x 30cm. Untuk aplikasinya bisa di lantai atau di dinding,” ucap Catherine.

Nah, bagaimana motif batik menciptakan desain unik dan menarik pada interior? Inilah beberapa contohnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.