Pengganti Rumput yang Tangguh

Ingin rumput yang bisa hidup di tempat teduh? Pilih saja kucai mini. Selain keren, tanaman ini mudah ditanam dan dirawat.

Rumah - - Eksterior - TEKS HOTMIAN SIAHAAN*) FOTO JOU ENDHY PESUARISSA *) KONTRIBUTOR TABLOID RUMAH

Rumput merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak digemari oleh pecinta tanaman alami. Hamparan yang tertutup rumput akan terlihat bak permadani.

Namun, di balik kesan sejuk yang dihasilkannya, tanaman penutup tanah ( ground cover) ini memiliki keterbatasan. Rumput, jika ditanam di bawah pohon bertajuk lebar yang sulit dijangkau sinar matahari, akan sulit tumbuh dan perlahan-lahan mati. Akibatnya, permukaan tanah di area tersebut menjadi “botak”.

Hal ini disebabkan semua jenis rumput memang menyukai sinar matahari. Sebut misalnya rumput gajah biasa ( Pennisetum purpureum), gajah mini ( Pennisetum purpureum schamach ), ubi hias (Ipomea batatas “Marguerite”), dan kacang hias ( Arachis pintoi).

Nah, jika Anda menginginkan taman yang hijau segar, solusinya adalah mengganti rumput dengan kucai mini. Letakkan kucai mini khusus pada area yang tidak terkena cahaya matahari, seperti di bawah naungan dan pohon bertajuk lebar.

MENGAPA KUCAI MINI?

Mengganti rumput dengan kucai mini ( Carex morrowii) tentu bukan tanpa alasan. Kucai mini termasuk tanaman yang tahan terhadap panas matahari. Namun, jika Anda ingin menanamnya di area yang teduh pun tidak masalah, karena tanaman inipun bisa tumbuh dengan baik. Tanaman ini juga tahan akan perubahan cuaca yang seringkali tidak menentu.

Masih satu keluarga dengan rumput, kucai memiliki ciri visual berukuran mini. Daunnya kurus, meruncing, dan berwarna hijau tua. Bentuknya mirip kucai jepang. Hanya saja kucai mini pertumbuhannya tidak bisa tinggi. Kucai mini tidak bisa tumbuh lebih dari 10cm.

TUMBUH MENYEBAR

Seperti halnya rumput, kucai mini juga berkembang biak dengan cara tunas, sehingga dapat tumbuh menyebar. Dengan demikian, Anda bisa menanam kucai mini dengan jarak tanam yang longgar. Tak usah khawatir, permukaan tanah yang tadinya “botak” akan segera tertutup oleh anakan kucai mini seiring bertambahnya waktu.

KEDIAMAN KELUARGA AUGUSTINUS BOEDI–THERESIA ARIESSA, GREENCOVE, BSD CITY, SERPONG.

Akan tetapi, jika Anda menginginkan “permadani” hijau kucai mini di halaman rumah bisa langsung terwujud, Anda bisa menanamnya dengan jarak rapat, yaitu menanam dalam jumlah sekaligus banyak.

Keuntungan kucai mini adalah perawatannya yang mudah, tidak perlu dipangkas dan tidak perlu banyak siraman serta pupuk.

Saat ini, pemakaian kucai mini sebagai penggati rumput sedang menjadi tren dan banyak dilakukan oleh beberapa orang. Apakah Anda tertarik?

Kebutuhan jumlah polybag setiap 1m² tergantung dari kerapatan tanamnya. Jika tidak mau menunggu hingga kucai mini tumbuh rapat setidaknya dibutuhkan sekitar 100—110 polybag. Namun, jika ingin menanam dengan jarak yang sedikit renggang, kucai mini yang dibutuhkan sekitar 25—50 polybag.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.