Pilih Material Dinding Bata atau Beton Ringan

Saat ini, bata dan beton ringan adalah 2 material yang banyak digunakan untuk dinding. Tapi selain 2 itu, ada juga batako dan bataton yang tak kalah tenar. Sebelum memilih, ketahui dulu keunggulan dan kekurangannya.

Rumah - - Ruang Utama - TEKS RAHMA YULIANTI rahma@tabloidrumah.com ILUSTRASI FIVI IDROOM

Saya lebih senang pakai bata merah, lebih gampang masangnya dan tukang saya bisa mengerjakannya,” ujar Bambang, kontraktor yang biasa mengerjakan proyek-proyek di Bintaro, ketika ditanya perihal material dinding pilihannya.

Laialnya dengan jawaban Cosmas Gozali, arsitek yang kerap mengerjakan proyek-proyek di Indonesia dan di mancanegara, “Sekarang ini, saya lebih suka pakai beton ringan. Kualitas bata makin menurun, dan kurang cepat dalam pemasangan.”

Tak ada yang salah dalam pernyataan kedua orang ini. Memang, saat ini cukup banyak material dinding yang bisa Anda temukan. Ada bata merah biasa, bata merah super, batako putih, batako press, bata beton, dan beton ringan yang beberapa tahun terakhir ini sedang naik daun.

Sebenarnya, ada beberapa material pembentuk dinding lainnya seperti bata bertulang dan beton pra-cetak. Namun umumnya, untuk rumah tinggal, kedua material ini tak jamak digunakan.

LIMA PANDUAN

Banyaknya material dinding yang ada di toko bahan bangunan bisa jadi membuat Anda bingung, mesti memilih yang mana. Apalagi tiap-tiap material dinding punya kelebihan dan kekurangan masingmasing. Agar Anda tak lagi bingung, Anda bisa berpatokan pada 5 hal berikut ini.

TENTUKAN KEBUTUHAN

Lagi-lagi, hal ini adalah hal yang utama harus Anda pikirkan. Jika Anda harus membangun rumah dengan cepat, tentu Anda harus menggunakan material dinding yang berukuran besar, seperti beton ringan, bata beton, atau batako. Jika Anda ingin material yang dapat meredam panas, karena Anda ada di daerah yang super panas misalnya, Anda lebih baik memilih bahan yang tak mengantarkan panas, seperti bata merah. Jika Anda ingin membangun dinding yang berbatasan dengan ruang luar, Anda tentunya tak bisa memakai batako yang punya porositas tinggi. Jadi sebelum membeli, tentukan lagi prioritas Anda.

LIHAT KEAHILAN TUKANG

Yang tak boleh Anda lupakan adalah keahilan yang dimiliki tukang Anda. Kualitas bagus yang seharusnya didapatkan dari sebuah material bisa hilang karena tukang Anda tak pandai memasangnya.

Beberapa produsen seperti Holcim menyediakan pelatihan bagi tukang untuk memasang material bata beton buatan mereka, namun tentunya perlu waktu bukan? Jika memang Anda tak keberatan menyisakan 1-2 hari untuk melatih tukang sebelum memasang dinding, Anda tentu saja dapat memilih semua jenis material dinding. Namun jika tidak, Anda sebaiknya menggunakan dinding bata merah atau batako.

CEK KEMUDAHAN MENDAPATKAN

Kemudahan mendapatkan barang adalah salah satu yang harus Anda pikirkan. Kemudahan ini akan berpengaruh pada ongkos kirim dan ketersediaan barang jika suatu waktu Anda membutuhkan tambahan. Jika di daerah Anda beton ringan sulit didapatkan, jangan memaksakan diri untuk menggunakan material ini karena biaya Anda akan bertambah. Bata merah, batako, dan beton ringan adalah 3 material dinding yang relatif mudah didapatkan, ketimbang bata beton berongga.

BIAYA

Biaya juga memegang peranan penting dalam memutuskan memilih jenis material yang akan digunakan. Jangan hanya terpaku pada harga material per buah, namun cek juga harga yang dibutuhkan untuk memasangnya. Bata merah, jika dilihat per satuan harganya lebih murah ketimbang beton ringan, namun perekat dan plesteran yang digunakan cukup banyak, ditambah lagi lamanya waktu memasang.

Lihat pula berapa besar Anda memasang. Dibandingkan bata merah, penggunaan bata ringan akan murah jika Anda memasangnya dalam luasan yang cukup besar. Sementara kalau Anda hanya memasangnya sangat sedikit, Anda tak akan mendapatkan bedanya.

PADUKAN

Anda bisa memadukan material-material dinding? Jika dinding lantai bawah rumah Anda telah terlanjur menggunakan bata merah lalu Anda ingin menggunakan beton ringan di dinding atas, tentu saja bisa. Ini malah akan memperingan beban yang disandang struktur karena beton ringan bobotnya tak besar. Itu sebabnya, sebelum memutuskan yang mana yang akan digunakan, Anda harus memahami karakter, kelebihan, dan kekurangan tiap bahan.

Untuk membantu Anda, di halaman-halaman selanjutnya kami akan membahas 4 buah material dinding yang biasa digunakan pada rumah yakni bata merah, beton

ringan, batako, dan bata beton berongga. Selamat membangun dinding rumah Anda!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.