Bata Beton Berongga TAK PERLU Bongkar Dinding

Mudah dalam instalasi listrik dan air, itulah salah satu kelebihan bata beton berongga ini.

Rumah - - Ruang Utama - TEKS RAHMA YULIANTI rahma@tabloidrumah.com FOTO ADRIAN MULYA

Bata beton berongga adalah sebutan untuk bata beton yang terbuat dari campuran semen, agregat, pasir, kerikil, air, dan bahan khusus lain, yang memiliki rongga di bagian dalamnya. Rongga ini berfungsi sebagai jalur instalasi pipa air dan kabel listrik sehingga rumah terlihat lebih rapi dan tukang tidak perlu membobok dinding untuk memasang pipa air dan kabel listrik.

RANGKAIAN PRODUK

Salah satu merek bata beton berongga adalah bataton yang diproduksi PT Holcim Indonesia. Tak seperti bata merah, batako, dan beton ringan yang diproduksi dan dipasarkan dalam bentuk satuan, bataton ini diproduksi dalam satu rangkaian. Ada yang berbentuk “H” untuk badan dinding, bentuk “U” untuk balok pengikat fondasi, dan bentuk “H setengah” yang digunakan sebagai tambahan. Produk ini juga dilengkapi dengan kusen pintu dan jendela yang juga terbuat dari bata beton.

Namun adakalanya gerai Solusi Rumah Holcim yang menjual produk ini secara eceran, hanya menjual bataton berbentuk H dan H setengah yang memang dibutuhkan untuk membangun dinding. Putra Solekhan, salah satu pemilik gerai Solusi Rumah di daerah Tulungagung, Jawa Timur mengatakan bahwa untuk saat ini memang yang banyak dicari adalah bataton untuk dinding, walaupun ia tak menampik kalau banyak juga yang mencari satu sistem penuh. “Kalau beli satu sistem, atau paling tidak beli untuk kolom dan balok, harganya bisa jauh lebih murah,” katanya.

Bataton untuk dinding ini dibuat dalam dua ukuran yakni ukuran 29cm x 14cm x 14cm dan 29cm x 14cm x 10cm. Tak seperti bata ringan yang harus dipasang dengan semen instan khusus, bataton ini dapat dipasang dengan menggunakan adukan semen biasa, seperti halnya pada bata merah ataupun batako.

RONGGA MEREDAM PANAS

Walaupun tampang bataton ini mirip dengan batako, secara kualitas ia jelas berbeda. Batako umumnya dibuat dari campuran dengan campuran pasir yang lebih banyak sehingga lebih berpori dan tak terlalu kuat, sementara bataton dibuat dari bahan yang campuran semennya lebih banyak sehingga lebih kuat seperti beton dan porositasnya juga kecil.

Kelebihan lain bataton adalah adanya rongga pada bataton. Selain dapat berfungsi sebagai lubang instalasi, rongga ini diklaim dapat berperan sebagai isolator panas. Panas matahari yang merambat melalui dinding akan “ditangkap dan diendapkan” terlebih dahulu oleh rongga tersebut sehingga yang merambat masuk ke dalam ruangan menjadi lebih lambat dan lebih sedikit. Rongga ini juga bisa berfungsi sebagai peredam suara sehingga kebisingan dari luar dapat berkurang.

Www.solusirumah.com

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.