5 Material “Hijau” yang Bakal Trendi

Istilah “go green” memang tengah menjadi populer dan komersial, khususnya di kalangan produsen material bangunan. Lantas, dari sekian banyak material yang mengusung isu tersebut, manakah yang benar-benar “hijau” dan ramah lingkungan?

Rumah - - Material - TEKS CANDELLA SARDJITO candella@tabloidrumah.com

Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, isu lingkungan—mulai dari pemanasan global hingga menipisnya sumber daya alam—telah menjadi sebuah rahasia umum. Dalam perkembangannya, isu ini pun perlahan berubah menjadi dasar terbentuknya sebuah tren baru, yang mengusung pergerakan gaya hidup “hijau”—atau sering dikenal dengan istilah go green— di kalangan masyarakat.

Lantas, tren ini pun menjadi kiblat baru bagi para arsitek, desainer, dan produsen—khususnya produsen material bangunan—untuk menciptakan rancangan dan inovasi yang mendukung pergerakan tersebut. Pasalnya, hingga detik ini, pembuatan bangunan seringkali menjadi “kambing hitam” dan dianggap sebagai momok berbahaya yang mengancam lingkungan, terutama dari penggunaan dan proses pembuatan material bangunan itu sendiri.

Namun, dari sejumlah besar material yang mengusung tren go

green ke dalam produknya, ada baiknya Anda memilih secara teliti, mana yang benar-benar ramah lingkungan, dan mana yang hanya asal comot belaka.

Berikut adalah beberapa kategori material rekomendasi Tabloid RUMAH yang bisa Anda gunakan di hunian Anda, serta membantu Anda “menyelamatkan” bumi dan isinya ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.