Alternatif Pengganti Kayu Solid

Rumah - - Material -

Dalam keseharian, plywood disebut juga dengan kayu lapis atau sering dikenal dengan multipleks

Plywood sebenarnya terbuat dari beberapa lembaran tipis yang arah seratnya disusun saling melintang, antara lembaran bawah dan atas secara bersamaan menggunakan lem khusus. Lembaran-lembaran tersebut diperoleh dari pengupasan kayu log yang diambil dengan cara memutar. Dari proses tersebut, kemudian dihasilkan lembaran dengan ketebalan kecil, yakni sekitar 0,3—3mm.

Pada awalnya, plywood diproduksi untuk memenuhi kebutuhan papan yang sangat lebar dan besar, di mana apabila menggunakan kayu solid akan sangat berisiko karena mudah menyusut, melengkung, melintir, bahkan pecah. Sementara plywood, dipercaya memiliki ketahanan yang lebih baik dari pada kayu solid, seperti tidak mudah pecah/retak, melengkung atau pun melintir, tergantung dari ketebalannya.

Meski begitu, plywood juga memiliki kelemahan. Material ini tidak memiliki ketahanan yang cukup kuat terhadap cuaca, sehingga hanya direkomendasikan untuk perabot di dalam ruangan ( indoor). Ketebalan plywood terdiri dari beberapa ukuran, mulai dari 3mm, 4mm, 6mm, 9mm, 12mm, 15mm, 18mm, dan seterusnya.

Di pasaran, harga tripleks 6mm dijual seharga Rp90.000, ukuran 9mm Rp125.000, 12mm Rp165.000, 15mm Rp215.000, dan plywood ukuran 18mm dibanderol dengan harga Rp240.000.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.