8 LANGKAH AMAN BANGUN RUMAH DI PINGGIR PANTAI

Eksotisme pantai mampu membuat orang terpikat akan keindahannya. Tak heran, jika banyak orang yang ingin memiliki hunian dengan view ke arah laut.

Rumah - - Arsitektur - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com

Indonesia bisa dikatakan sebagai surga bagi pencinta pantai. Ini tak terlepas dari panjangnya garis pantai yang dimiliki Indonesia, yaitu sejauh 99.000km. Di dunia, pantai Indonesia masuk ke dalam pantai terpanjang nomor 4 setelah Amerika Serikat, Kanada, dan Rusia. Dari 4 negara ini, pantai Indonesia membuat banyak orang iri. Selain pantainya cantik dan beragam, pantai Indonesia memiliki magnet yang kuat karena lokasi pantainya terletak di garis katulistiwa. Lokasi ini membuat pantai selalu berlimpah sinar matahari sepanjang tahun.

Tak hanya orang Indonesia yang memiliki angan-angan tinggal di dekat pantai, banyak turis mancanegara yang terpikat tinggal di tepi pantai Indonesia yang cantik. Mungkin juga Anda salah satu yang terobsesi tinggal di pinggir pantai. Tetapi perlu diingat, membangun atau membeli hunian di tepi pantai tidaklah sama pertimbangannya dengan membangun atau membeli hunian di tengah daratan, bahkan di daerah daratan tinggi, seperti daerah pegunungan.

Jika Anda salah satu orang yang terobsesi membangun atau membeli rumah di pantai, ini dia 8 hal penting yang harus Anda perhatikan menurut Cosmas D Gozali, pemilik sekaligus arsitek Atelier Cosmas Gozali, PT Arya Cipta Graha.

FOTO WWW.JUMEIRAH.COM

Salah satu bangunan arsitektur pantai terbaik yang dirancang dari pulau buatan adalah Burj Al Arab yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Bangunan yang didesain Tom Wright ini tak asal menguruk laut. Mereka memindahkan terumbu karang di sekitar proyek ke habitat yang sama, lalu menatanya kembali dan mempercantik setelah

bangunan terbangun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.