CARA BELANJA BARU ALA IKEA

Rumah - - Sekitar Rumah - TEKS RAHMA YULIANTI rahma@tabloidrumah.com

Bagaimana biasanya

cara Anda membeli furnitur di toko furnitur? Berkeliling sambil ditemani penjaga toko, lalu jika menemukan yang cocok meminta penjaga toko mengambilnya dan mengantarkannya ke rumah?

IKEA, produsen dan gerai furnitur asal Swedia memperkenalkan konsep belanja yang berbeda. Pelanggan diajarkan untuk berbelanja mandiri, tanpa bantuan penjaga toko. Di pintu masuk, pelanggan dapat mengambil katalog, sebuah pensil, dan kertas yang nantinya digunakan untuk mencatat pesanan. Kemudian, pelanggan dapat berkeliling sendiri, melihat furnitur dan aksesori yang diset seperti di hunian sesungguhnya. Jika ada furnitur atau aksesori yang mengena di hati, pelanggan tak boleh mengambilnya langsung, melainkan hanya bisa mencatat nomer dan kodenya di kertas.

Setelah selesai, pelanggan dapat mengambil sendiri furnitur yang ingin dibelinya di area layan- mandiri, atau menuju area supermarket jika ingin membeli aksesori dan bendabenda berukuran kecil. Setelah selesai, pelanggan tinggal menuju kasir dan membawa sendiri barangnya pulang. Dengan cara ini, IKEA mengklaim bisa mengurangi ongkos karyawan yang ujungujungnya berimbas pada harga barang yang murah. Benar-benar cara belanja mandiri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.