JAJARAN KAYU JADI “PELINDUNG”

Rumah - - Ruang Utama -

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, secondary skin atau disebut juga sebagai kulit kedua rumah, bisa memiliki beragam fungsi bagi bangunan tersebut. Salah satunya, sebagai pelindung rumah dari paparan panasnya matahari, agar panas tersebut tak langsung memasuki rumah secara ekstrem.

Sebagai contoh adalah bangunan dua lantai ini. Di bagian atas fasadnya, tepatnya di lantai 2, terdapat tiang-tiang kayu yang “berbaris”, seakan menjadi dinding lain yang terdapat di depan fasad. Namun, mengingat tiang-tiang kayu ini berbaris dengan jarak tertentu, dinding pelindung ini bukanlah bidang masif yang serta-merta menghalangi cahaya matahari masuk. Panas bisa dihalau, namun cahayanya tetap bisa menembus melalui kisi-kisi kayu tersebut.

Selain di bagian atas fasad, bangunan ini pun menggunakan jajaran kayu untuk menjadi partisi bagi area teras, yang tidak ditutupi oleh dinding masif. Alhasil, kulit kedua ini bisa menyatu sempurna dengan tampilan fasad yang sebelumnya telah penuh akan sentuhan modern, tanpa melupakan fungsi asalnya sebagai pelindung.

Selain sebagai pelindung dari paparan panas matahari, jajaran kayu ini pun bisa membantu Anda menyamarkan area servis— seperti area jemuran—tanpa

membuatnya lembap, mengingat cahaya matahari tetap bisa menembus

kisi-kisi tersebut. MANSYUR HASAN DELTA CASABELLA, KOMPLEK DELTA SARI BARU, SIDOARJO ANDY RAHMAN ARCHITECT

FOTO LOKASI ARSITEK

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.