PERMAINAN POLA PADA KAYU IMITASI

Rumah - - Ruang Utama -

Ingin menciptakan fasad unik dengan material dan harga mudah dijangkau? Penggunaan kayu imitasi bisa menjadi salah satu triknya. Fisiknya yang serupa kayu asli membuat material ini banyak diminati. Kalangan profesional kondang seperti Ren Katili pun kerap menggunakannya untuk memoles fasad hunian agar tampil lebih unik dan trendi.

Proyek hunian ini misalnya, bagian fasad yang menjorok keluar dilapisi dengan material kayu olahan yang disusun maju-mundur untuk menciptakan pola yang menarik dan menambat mata.

“Hanya disusun-susun menyesuaikan pola desain kemudian dibuat sisi yang menonjol dan yang datar sehingga menciptakan pola yang menarik,” tutur Ren Kaliti, arsitek yang merancang rumah ini. Memang, bila diperhatikan dari jauh, pola yang terbentuk akan menghasilkan lekukan seperti gelombang horizontal.

Warna pada kayu imitasi ini dipilih lebih muda dari warna dominan fasad. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesan monoton pada fasad.

Karakternya yang padat membuat bata dan batu alam bisa meredam panas. Namun Anda harus memastikan struktur bangunan Anda sudah kokoh dan kuat menopang kedua material yang relatif berat ini, agar tidak membahayakan keselamatan

keluarga Anda. JOU ENDHY PESUARISSA

KEDIAMAN MIA AULIA, BINTARO, TANGERANG SELATAN

Papan kayu imitasi ini juga dapat dijadikan elemen secondary skin, lho. Caranya mudah, cukup buat rangka besi hollow sesuai dengan ukuran yang diinginkan kemudian sekrup papan pada badan rangka besi. Berikan pola menarik untuk memberi

kesan berbeda.

FOTO LOKASI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.