TAMPILAN ETNIK DARI BATA DAN BATU ALAM

Rumah - - Ruang Utama -

Jika ada pertanyaan, “dandanan” desain apakah yang tak akan lekang dimakan waktu, maka sentuhan etnik merupakan jawabannya. Tak bisa dibilang jadul— karena memang dipengaruhi bentukbentuk desain sesuai budaya asal—dan tentu saja tak bisa disebut modern. Banyak orang menggemari tampilan ini karena kesan yang ditampilkan, mulai dari kesan sejuk, tenang, hingga menjadi pengingat akan kampung halaman.

Begitu pula dengan fasad atau “wajah” rumah. Sentuhan etnik pada fasad akan membuatnya menjadi eye- catching. Seperti tampilan fasad pada bangunan dua lantai ini, sentuhan etnik terlihat secara jelas dari paduan material batu alam—yakni batu templek putih—dan bata merah terekspos. Bentuk fasad yang “kuat” akan garis, seakan terimbangi oleh penggunaan padanan 2 material berkesan etnik tersebut.

Selain bata dan batu alam, sentuhan etnik pada fasad rumah ini pun didukung oleh penggunaan material kayu pada kusen jendela, pintu gebyok, serta ragam hias ala Jawa yang tepat berada di bawah atap, serta mengelilingi seluruh fasad rumah. Cantik, unik, dan tak akan membosankan, bukan?

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.