Lantai Dek Kayu Bergerigi

Rumah - - Lipsus -

Saat membeli lantai dek kayu untuk diletakkan di selasar rumah atau di pinggiran kolam renang, daya tahan dek terhadap air dan cuaca adalah hal utama yang harus dipikirkan. Ini karena lantai ini ada di luar rumah yang selalu terterpa matahari dan terkena air.

Kayu solid dari kayu besi, snokeling, dan jati adalah material yang cukup tahan terhadap cuaca. Sementara kayu engineering (kayu olahan) kebanyakan rentan cuaca dan air.

Hal lain yang harus Anda perhatikan dalam memilih lantai dek kayu adalah bentuk permukaan lantainya. Karena diletakkan di luar dan kerap terkena air, lantai bisa menjadi licin. “Lantai harus bergerigi agar tak licin saat diinjak,” ucap Roberto Hidajat, Parquet Specialist Armany Parquet.

Disebut bergerigi karena jika dilihat dari samping, permukaan lantainya mirip gigi gergaji. Namun, ujungnya tak runcing sehingga masih aman diinjak. Selain anti-licin, bentuk gerigi ini berguna untuk mengalirkan air yang jatuh ke permukaan lantai. “Mirip saluran drainase air kecil,” ucap Robert.

Harga material lantai dek kayu mulai dari Rp180.000—Rp650.000. Namun, harga kayu yang sudah berkualitas umumnya berada di atas Rp420.000.

Permukaan yang bergerigi membuat lantai dek tak licin dan air mengalir.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.