Ubin yang Tahan Suhu Ekstrem

Rumah - - Lipsus -

Kian hari, kebutuhan masyarakat akan ubin semakin meningkat. Dulu, ubin hanya berfungsi sebagai penutup lantai. Kini, ubin menjadi bagian dari interior bahkan ubin kerap digunakan sebagai pelapis dinding.

Penggunanya pun semakin banyak. Tak hanya masyarakat modern yang tinggal di kota, ubin juga digunakan semua lapisan masyarakat dengan lokasi tempat tinggal yang sangat beragam. Ada yang tinggal di dataran biasa, pantai, maupun dataran tinggi. Lokasi beragam, kondisi suhunya pun beragam. Untuk itu, dibutuhkan ubin yang tahan juga terhadap semua suhu.

Salah satu produsen yang mengeluarkan ubin yang tahan suhu ekstrem ini adalah Habitat Gress dari Milan Tiles. Ubin ini dianggap mampu untuk digunakan di manapun karena mampu beradaptasi dengan suhu ekstrem. Material ini bisa dipakai di daerah pegunungan yang sangat dingin dan di dataran rendah yang panas tanpa harus takut pecah.

Tak hanya itu, ubin ini dirancang dengan daya serap air yang rendah, bahkan kurang dari 3%. Alhasil, kekuatan tekan yang dihasilkan pun tinggi, di atas 30N/mm2 atau 300kg/ cm2. Ini yang membuat ubin ini tahan akan perubahan suhu yang ekstrem.

Ubin ini dibanderol dengan harga Rp150.000/dus (setiap dusnya berisi ubin-ubin yang total panjangnya berukuran 1,08m).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.