FONDASI

Rumah - - Ruang Utama -

CARA MENGETES

Ukur fondasi, minimum pada 2 titik fondasi. Lakukan penggalian di kedua titik yang telah ditentukan hingga terlihat struktur fondasi rumah Anda. Untuk mempermudah penggalian, lakukan penggalian selebar 50cm di bagian luar bangunan rumah yang tak dipasang keramik.

Setelah tergali, ukur kedalaman fondasi rumah Anda. Jika kedalaman fondasi Anda ternyata 90cm atau lebih, maka fondasi Anda cukup kuat untuk ditingkat. Jika kedalamannya kurang dari itu, maka harus ada perkuatan struktur fondasi.

Cek juga mutu adukan semen fondasi dengan menggunakan alat bernama pahat beton, yang banyak dijual di toko bahan bangunan. Pahat ini terbuat dari besi dengan ujung pahatan runcing. Jika fondasi gampang pecah, maka ia siap untuk ditingkat.

JIKA HASIL PENGETESAN GAGAL

Anda harus menambahkan dimensi fondasi rumah, dengan menempelkan fondasi baru di sebelah fondasi lama Anda. Fondasi baru ini berukuran tinggi 90cm dan lebar 20—30cm. Jika fondasi sudah cukup dalam namun adukan semennya jelek, fondasi tersebut harus ditambah fondasi baru setebal 20cm.

Idealnya, penambahan ini dilakukan di sepanjang fondasi. Hanya, jika dirasa sulit, Anda cukup melakukan penambahanan di titiktitik pertemuan fondasi dengan kolom struktur. Jika ini yang Anda pilih, kedalaman fondasi harus lebih dari 1m untuk tanah normal dan 1,3m untuk tanah labil seperti tanah lempung dan tanah lihat. Selain itu, ketebalan fondasi harus ditambah 20cm.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.