MENGAPA MENINGKAT HARUS PUNYA IMB?

Rumah - - Ruang Utama -

Menurut Peraturan Gubernur DKI Jakarta no 129 tahun 2012, tidak semua jenis renovasi harus memiliki Izin Mendirikan Bangunan. IMB untuk renovasi setidaknya dibutuhkan bila renovasi sudah sampai ke pekerjaan mengubah lay- out ruang, misalnya mengubah kamar menjadi ruang tamu atau membongkar tembok untuk memperluas ruang.

Nah, penambahan luas bangunan, baik ke atas maupun ke samping juga termasuk kategori renovasi yang memerlukan IMB.

IMB juga diperlukan untuk memastikan bangunan tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan. Bila bangunan sesuai ketentuan yang berlaku, tentu manfaatnya juga dirasakan oleh masyarakat banyak. Lingkungan menjadi sehat, nyaman, dan tertib.

freeimages.com

Misalnya soal ketentuan ketinggian bangunan, hal tersebut dilakukan untuk memastikan bangunan tetangga tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup. Coba bayangkan, kalau tetangga kita membangun rumah dengan ketinggian melebihi yang dibolehkan, bayangan bangunan rumah tetangga itu akan menutupi rumah kita sehingga rumah terasa gelap. Atau tetangga kita membangun rumah tanpa mengindahkan KLB sehingga semua lahan hijaunya tertutupi area perkerasan. Bisa jadi, lama-kelamaan air tanah—yang seharusnya milik tanah kita—ikut terambil oleh sumur tetangga.

Dengan adanya IMB, hunian Anda mendapat payung hukum yang pasti sehingga tidak mengganggu kepentingan orang lain. Selain itu, hunian yang akan dibangun aman bagi keselamatan jiwa penghuninya. Sebab, ada larangan untuk meningkat rumah di daerah tertentu. Hal ini berkaitan erat dengan konstruksi bangunan dan kondisi tanah di daerah tersebut yang tidak mendukung untuk dibangun rumah bertingkat. Jika tetap memaksa, rumah Anda bisa ambruk di kemudian hari karena kondisi tanah yang labil. tentang Pedoman Teknis Perhitungan dan Denda IMB.

Menurut peraturan tersebut, retribusi IMB meningkat rumah dihitung dari luas total lantai bangunan tambahan x harga satuan x indeks terintegrasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.