32

Rumah - - Rumah Sehat -

www.

com

Walaupun terkesan tak berguna, nyatanya sampah masih bisa dimanfaatkan kembali, lho. Dari sampah rumah tangga tersebut, yang harus segera diolah adalah sampah sisa makanan. Bila didiamkan selama 3 hari atau lebih, sampah ini akan menimbulkan bau menyengat karena termasuk jenis sampah yang cepat membusuk. Sampah sisa makanan ini dapat diolah menjadi pupuk atau kompos.

Made mengimbau agar setiap penghuni membuat komposter sendiri. “Hanya perlu sediakan drum berwarna biru yang diberi lubang berukuran 20 cm x 30 cm sebagai tempat pembuat kompos. Isi drum tersebut dengan sampah organik setiap harinya. Setelah sekitar 1—2 bulan, sampah tersebut sudah menjadi pupuk dan Anda bisa segera memanfaatkannya,” ucap Made.

“Engak ada yang sulit kalau ada niat”. Begitulah kata Made saat Tabloid RUMAH bertanya apakah membuat kompos sendiri itu sulit melihat kenyataan bahwa banyak orang yang malas mengolah sampahnya sendiri. Namun, apabila Anda tidak memiliki waktu untuk membuat kompos, Made menyarankan untuk menyerahkannya ke tetangga yang mau mengolahnya. Atau, letakkan saja sampah tersebut di depan rumah dalam keadaan terbungkus rapi untuk diangkut oleh pengepul sampah.

Untuk sampah kertas dan sampah plastik, Anda bisa menjualnya ke pengepul untuk ditimbang. Dengan menjualnya, Anda mendapat pundi-pundi uang sekaligus berpartisipasi dalam menjaga kebersihan.

tabloidrumah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.