Jangan Lupakan Cat Dasar!

Rumah - - Ruang Utama -

www.freeimages.com

Demi menghemat biaya, kebanyakan orang luput menggunakan cat dasar, yang biasanya digunakan sebelum pelapisan cat utama, atau disebut juga dengan top coat. Padahal, fungsi cat dasar dinding ini seperti cat dasar pada kosmetik kuteks atau cat kuku, yang biasa dipakai oleh kaum hawa. Jika Anda tidak menggunakan cat dasar terlebih dahulu pada kuku Anda, maka kuteks top coat tersebut tak akan mudah melekat di atas kuku.

Begitu pula penggunaan cat dasar di dinding hunian. Fungsinya adalah meningkatkan daya rekat cat, serta menambah daya tutup cat. Serupa dengan kuteks, jika menggunakan cat dasar, maka warna cat akan “keluar”, bersinar seperti seharusnya. Ada pula cat dasar yang berfungsi melindungi dinding dari serangan garam alkali, seperti Dulux Catylac Eksterior/Interior.

Nah, untuk pemilihannya pun, Anda harus berhati-hati. Menurut Rohmat, cat dasar bagi interior dan eksterior jelas berbeda. “Untuk pengecatan dinding eksterior, pilihlah cat dasar solvent base, yang memiliki kandungan tiner. Sementara itu, untuk pengecatan dinding interior, pilihlah cat dasar dengan water base, dengan kandungan air di dalamnya,” ucap Rohmat menjelaskan.

www.

com

tabloidrumah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.