Masjid Al Hidayah Gandaria City Dijadikan Proyek Percontohan

Rumah - - Arsitektur -

Mal Gandaria City tidak hanya menawarkan kenyamanan dalam berbelanja, namun juga kenyamanan dalam beribadah bagi para pengunjungnya. Mal yang terletak di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, ini tampaknya sangat serius mengelola tempat peribadatan bagi kaum Muslim ini. Pasalnya, mal ini tidak hanya menyediakan musala di beberapa lokasi, Gandaria City juga memiliki fasilitas masjid bernama Masjid Al Hidayah, yang berada di lantai LG Mal Gandaria City.

“Beberapa titik musala disediakan oleh pihak Gandaria City, seperti di gedung perkantoran, di apartemen, dan di mal. Kita juga menambahkan 1 masjid untuk menampung penghuni apartemen dan pengunjung mal yang ingin beribadah di masjid,” ujar Faizin Marzhi, General Affair PT Artisan Wahyu, anak dari manajemen Gandaria City.

Luas area salat yang mencapai 1.355m2 ini mampu menampung 1000 lebih jemaah. Fasilitas yang ditawarkan Masjid Al Hidayah ini antara lain: tempat salat wanita dan pria, tempat wudhu wanita dan pria, tempat penitipan alas kaki wanita dan pria, serta perpustakaan. Menariknya, area perempuan dipisahkan oleh sebuah gorden cantik sehingga area salat pria tidak tampak terlihat.

“Hal ini dilakukan karena kita sangat menjunjung nilai syar’i, di mana area perempuan harus dipisahkan dengan tegas untuk mencegah kontak mata kaum pria. Kita terapkan konsep ini untuk semua musala Gandaria City,” ujar Faizin lagi.

Bagi para pengunjung mal, suasana kenyamanan tampak terasa ketika Anda menginjakkan kaki di alas karpet aula. Suasana dingin ruangan dan permukaan karpet yang lembut membuat ibadah salat jadi lebih khidmat. Desain yang mumpuni dan konsep yang kuat membuat Masjid Al Hidayah dijadikan pilot project (proyek pecontohan) bagi masjid-masjid di mal lainnya.

LOKASI

www.

com

tabloidrumah.

Area salat pria yang luas dan dibanjiri cahaya alami.

Area wudhu pria. Bagian plafon dibiarkan terbuka untuk memberikan kesan industrial.

Tempat penitipan barang yang langsung terlihat ketika memasuki area masjid.

Beginilah suasana tempat salat wanita yang dipisahkan oleh gorden. Pada hari Jumat, gorden dibuka untuk keperluan salat Jumat.

Pintu masuk area pria. Terdapat CCTV untuk memantau keamanan di sekitar tempat salat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.