Dekorasi lebaran DALAM 7 HARI

TERAS • RUANG KELUARGA • RUANG MAKAN

Rumah - - Halaman Depan - TEKS SELVIA MARTIANI selvi@tabloidrumah.com

Tradisi baju baru sudah menjadi ritual tahunan yang kerap menghiasi momen Hari Raya. Namun, tradisi serbabaru tidak hanya berlaku untuk baju. Hunian pun tak luput dari sentuhan kebaruan momen Hari Raya. Momen ini kerap dijadikan ajang berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga, tetangga, dan kerabat dekat. Otomatis, area-area berkumpul harus “didandani” sehingga momen berkumpul menjadi lebih bekesan. Awal bulan puasa seperti ini adalah saat yang tepat untuk mulai mencicil mempercantik rumah.

Mendandani rumah tidak selalu identik dengan melakukan perubahan secara besar-besaran, seperti mengecat ulang atau memperbaiki tampilan depan. Bagi Anda yang memiliki kesibukan, mungkin Anda memilih untuk tidak melakukan renovasi.

Seperti yang dilakukan Fira, seorang ibu rumah tangga yang berdomisili di kawasan Bandung. Ia mengakui bahwa sebenarnya tradisi bebersih dan merenovasi jelang lebaran tidak bisa ia lepaskan. “Setidaknya setiap 2 tahun sekali melakukan pengecatan ulang,” ujar Fira. “Tapi ada tahun-tahun di mana mengecat tidak sempat dilakukan karena sibuk dan memang catnya masih bagus,” tambahnya. Sebagai gantinya, Fira hanya melakukan make over sederhana seperti menambahkan aksesori atau memberi berbagai elemen pemanis pada ruangan. Hal ini pun dapat Anda lakukan. Cepat dan mudah, namun memberikan tampilan baru bagi rumah Anda.

Menjamurnya toko aksesori dan pernik hunian dapat memudahkan Anda dalam proses mendekorasi. Selain itu, memanfaatkan barangbarang bekas dan mengolahnya menjadi baru pun jadi salah satu trik mendekorasi hunian dalam waktu singkat.

SESUAIKAN DENGAN TEMA RUANG

Yohanes Wempy, seorang dekorator, table setter, sekaligus perangkai bunga, mengungkapkan salah satu kunci sukses dalam mendekorasi hunian, yaitu menyesuaikan dengan tema ruang yang diusung. Jangan sampai, gaya yang diusung bertabrakan dengan pernik interior yang digunakan. Cobalah untuk memerhatikan tema dan penggayaan ruang yang diterapkan. Bila interior didominasi sentuhan shabby chic, sesuaikan pemilihan barang, seperti bunga, aksesori interior, hingga bahanbahan dekorasi, yang mendukung tema ruangan tersebut.

Begitu pun sebalilknya, bila pelapis interior yang digunakan memiliki corak yang ramai, jangan gunakan aksesori yang memiliki motif penuh pula. Imbangi dengan sesuatu yang polos atau memiliki sedikit aksen untuk menghindari kesan bulky (penuh).

UBAH DEKORASI RUANG

Selain menggunakan pemanis ruang, Anda dapat mengubah tata letak furnitur. Cara ini cukup ampuh untuk membuat tata ruang Anda tampil segar dan berbeda. Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan sirkulasi pergerakan tubuh. Atur kursi atau furnitur dengan tepat sehingga tamu dapat bergerak dengan nyaman dan leluasa.

Bila ruangan Anda kecil, Anda dapat menyiasatinya dengan menghadirkan gaya duduk lesehan. Anda cukup menyediakan karpet dan bantal sofa untuk membuat para tamu nyaman berkunjung. Bahan karpet bisa berupa apa saja, hanya ingat sesuaikan dengan tema ruang. Bila ruang sudah penuh dengan corak, maka cukup letakkan karpet yang polos dan minim aksen.

Cara-cara ini dapat Anda lakukan hanya dalam waktu 7 hari. Tidak percaya? Yuk, simak persiapan dan langkah apa saja yang perlu dilakukan. Kita fokuskan pada 3 ruang utama: teras, ruang

keluarga, dan ruang makan.

FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

LOKASI RUMAH CONTOH POMELLO RESIDENCE, CIRENDEU, CIPUTAT

DESAINER WIJOYO HENDROMARTONO

FOTO DWIGHT CLAUDIA

LOKASI CAYENNE BREAKFAST, KEMANG, JAKARTA SELATAN

KOLEKSI CAYENNE HOME

FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

LOKASI RUMAH CONTOH POMELLO RESIDENCE, CIRENDEU, CIPUTAT

DEKORATOR YOHANES WEMPY

FOTO DWIGHT CLAUDIA

LOKASI CAYENNE BREAKFAST, KEMANG, JAKARTA SELATAN

KOLEKSI CAYENNE HOME

FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

LOKASI RUMAH CONTOH POMELLO RESIDENCE, CIRENDEU, CIPUTAT

DESAINER WIJOYO HENDROMARTONO

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.