STOP KECELAKAAN DI KAMAR MANDI!

Tahukah Anda bahwa kamar mandi merupakan tempat paling berbahaya dibandingkan dengan ruangan lain yang ada di rumah?

Rumah - - Halaman Depan - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com FOTO TAN RAHARDIAN

Jika ada yang melakukan riset dan mendata tentang banyaknya kecelakaan di kamar mandi, dipastikan jumlahnya sudah tidak terhitung lagi. Ini dikarenakan, kecelakaan di kamar mandi sangat sering terjadi. Siapapun bisa menjadi korban keganasannya. Ia tak pernah memandang umur, tak melihat jenis kelamin, termasuk jenis dan tampilan kamar mandinya. Mau kamar mandi sederhana atau mewah, semua berpotensi mencelakai.

Kecelakaan di kamar mandi pun memiliki dampak yang beragam. Dari mulai yang ringan seperti lecet dan lebam, hingga yang berat seperti stroke, geger otak, bahkan menghilangkan nyawa seseorang. Mengerikan! Walau efeknya dahsyat, sayangnya, banyak orang sering mengabaikan potensi bahaya di kamar mandi.

DALANG UTAMANYA

Kamar mandi bisa membahayakan Anda karena keberadaan air yang sering menggenangi ubinnya. Belum lagi, jika ubin yang Anda gunakan berpermukaan licin sehingga membuat orang terpeleset. Tak hanya masalah air, tambahan sabun yang dipakai mandi dan mengalir di atas permukaan ubin juga berpotensi membuat lantai tambah licin. Pada banyak kasus, seseorang terjatuh di lantai saat sedang asyik menyabuni badannya. Seketika, kaki terpeleset karena banyaknya air sabun yang terinjak kaki.

Kejadian orang terjatuh di kamar mandi juga biasa terjadi ketika seseorang bangun di malam hari dan ingin buang air—kecil atau besar. Dalam kondisi mata masih mengantuk, otak belum sepenuhnya sadar, dan langkah kaki yang terburu-buru karena mau buang air, membuat seseorang rentan terpeleset. Belum lagi, penerangan yang disediakan di kamar mandi sangat minim, cahaya terlalu redup dan tak begitu menerangi seluruh sudut ruangan.

“Banyak penyebab seseorang terjatuh di kamar mandi. Tetapi, kebanyakan sumbernya ya dari lantai licin, air sabun, masuk kamar mandi terburuburu, atau mata mengantuk,” ucap Ir Arif Sentosa, arsitek Arcadesain. Inilah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kecelakaan di kamar mandi.

KEDIAMAN HERU KUMARGA DAN SWAN KUMARGA, SUNTER, JAKARTA UTARA

LOKASI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.