IDE SEGAR PERCANTIK TAMAN

Softscape dan hardscape bersatu padu mewujudkan taman nyaman dan senantiasa indah memesona.

Rumah - - Halaman Depan - TEKS M.INDRA SUKMA/FENI FREYCINETIA FOTO DOK.RUMAH/IDEA

Taman tidak bisa hidup sendirian. Di halaman depan atau sudut pekarangan rumah, taman ( softscape) akan berbinar saat bertemu elemen perkerasan atau material alam ( hardscape).

Lihat saja, hijau daun pohon kamboja bersanding dengan batu andesit. Kecantikan bunga thunbergia merambati pilar bata ekspos. Seperti halnya pasangan sejoli, taman dan material alam memang tak bisa dipisahkan.

Andie, desainer lansekap dari Xoticgarden meyakinkan kita tentang manfaat hardscape untuk taman. Kata Andie, elemen perkerasan itu dapat memperkuat konsep dan fungsi dari sebuah taman.

Contoh material itu antara lain batu alam, bata bakar, atau koral. Seluruhya bisa digunakan sebagai jalan setapak atau dinding kolam. Elemen hardscape lain bisa berupa

scuplture, art work, jembatan, jalan setapak atau gazebo.

“Taman tidak hanya menarik dari segi visual tetapi menjadi fungsional dengan keberadaan

hardscape,” ujar Andi. Ada 4 hal, kata Andie, yang perlu diperhatikan saat menata elemen hardscape untuk taman. Pertama, zoning. Pembagian zona, semacam area peruntukan taman. Kedua, tekstur yang dihasilkan dari material. Misalnya bata yang kasar atau koral yang licin.

“Ketiga, harmonisasi, baik warna, ritme, atau skala. Keempat adalah fungsi,” jelas Andi. “Keempat hal ini tentunya harus diselaraskan dengan konsep taman yang kita rencanakan.”

Elemen hardscape tentu saja akan menyelaraskan taman,

softscape. Pohon, rumput, tanaman perdu yang menyejukan taman, menyaring udara kotor jadi bersih dan segar. Keelokan bunga yang membuat taman senantiasa cantik.

Kini, bersama material alam, keindahan taman itu begitu elok dipandang mata dan tak lekang oleh rasa bosan.

Elemen hardscape seperti batu bronjol, batu andesit, juga batu tempel membuat sudut kolam taman tampak indah. Agar batu tahan lama,

lakukan perawatan berkala.

Selain material alam, gazebo dapat memberi nilai tambah pada sudut taman dan kolam.

Patung merupakan bagian dari scuplture di taman. Tempatkan di tengah sehingga menarik perhatian. Agar terlihat dramatis, gunakan lampu sorot pada bagian bawa patung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.