MARMER DARI POLIURETANA

Rumah - - Halaman Depan - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com FOTO IRFAN HIDAYAT

Pesona marmer tak pernah lekang dimakan waktu. Material ini berhasil memikat semua kalangan, dari kalangan biasa hingga berada. Ini dikarenakan marmer mampu memberi kesan mewah di dalam rumah. Biasanya, marmer diaplikasi sebagai material penutup lantai, aksen dekoratif di dinding, atau material table top di kitchen set.

Tak hanya produsen marmer asli yang terus memasok bahan bangunan ini di pasaran. Pangsa pasar yang besar membuat para produsen bahan bangunan di luar marmer asli berinovasi menciptakan material marmer imitasi. Ada yang membuat tampilan marmer dari bahan keramik, homegeneous tile, cat, solid surface, dan wallpaper. Yang terbaru, ada material marmer yang terbuat dari bahan poliuretana

(polyurethane).

Adalah PT Kang Bang Indonesia yang menciptakan material marmer dari bahan ini. Mereka mengklaim bahwa produk marmer ini merupakan yang pertama ada di Indonesia.

Secara kasat mata, material ini terlihat sangat mirip dengan marmer asli. Anda akan sulit membedakan jika hanya dilihat secara tampilan. Ini dikarenakan motif, serat, dan warnanya, tak ada bedanya dengan marmer asli. Tetapi, jika Anda menyentuh, mengangkat, dan memukul materialnya dengan jari, akan terlihat bahwa ini marmer imitasi.

Secara permukaan, marmer ini sangat licin, tak berpori, dan rata. Padahal, marmer asli tak begitu licin dan memiliki pori. Tetapi, ini menjadi kelebihan dari marmer ini karena bisa diaplikasi sebagai table top di

kitchen set. Anda dapat dengan mudah membersihkan kotoran yang menempel sehingga membuat dapur Anda selalu bersih.

Selain itu, jika material ini jatuh dari ketinggian tertentu, marmer ini tak bisa pecah layaknya material marmer asli. Efeknya hanya sebatas lecet atau getas saja. Bobot materialnya juga jauh lebih ringan, yakni 1/8 kalinya marmer asli.

Berbeda dengan marmer asli, marmer ini hanya diperuntukkan sebagai elemen dekoratif, seperti aksen di dinding atau elemen top

table di kitchen set dapur. Material ini tak disarankan untuk penutup lantai di rumah.

Dari segi harga, material ini jauh lebih ekonomis. Material ini hanya dibandrol ± Rp300.000/m2 atau ± Rp800.000/modul. Satu modul memiliki ukuran yang sama dengan multipleks, yaitu 1,2m x 2,4m. Untuk marmer asli, harganya sudah di atas Rp1 juta/m2-nya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.