TANAMAN SEGAR WALAU DITINGGAL MUDIK

Meksi ditinggal mudik, tanaman bisa tetap hidup dan tampil segar. Lihat ulasan di bawah ini untuk tahu caranya.

Rumah - - Halaman Depan - TEKS SHINTA LESTARI shintalestari1402@gmail.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA, ADELINE KRISANTI

T anaman butuh perawatan dan pemeliharaan yang baik agar tumbuh subur, tidak mudah rusak, dan mampu memberikan hasil dengan baik. Pengelolaan tanaman itu sendiri meliputi penggemburan tanah, pemilihan bibit yang berkualitas, pengairan, penyiangan, pemberatasan hama, serta pemupukan.

Tapi bagaimana merawat tanaman yang ditinggal penghuninya, selama mudik misalnya. Artinya, selama seminggu atau dua minggu, tanaman akan terbengkalai hingga bisa jadi tanaman mengalami kekeringan atau bahkan layu. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir jika harus meninggalkan tanaman kesayangan Anda. Tanaman akan tetap dapat diselamatkan walau harus ditinggal mudik.

TETAP HIDUP DENGAN AIR YANG CUKUP

Tanaman membutuhkan air yang cukup agar dapat tumbuh subur. Air yang dibutuhkan setiap jenis tanaman tentu berbeda. Penyiraman dilakukan dengan tujuan mengganti air yang menguap di siang hari sehingga tumbuhan tidak mengalami kekeringan. Tetapi, bagaimana jika penghuni tidak berada di rumah dalam jangka waktu lama sementara tanaman membutuhkan asupan air?

Herlien Primayanti, arsitek lansekap dari Primalands mengatakan, “Untuk tanaman yang ditinggal mudik lebih dari seminggu dan di rumah tidak ada orang sama sekali, untuk aman bisa dititip siram ke tetangga, satpam, atau tukang rawat taman lingkungan. Untuk tanaman pot sebaiknya dipindah agak keluar agar mudah kena air hujan.”

Disamping itu, Herlien juga menambahkan apabila luasan taman cukup besar maka dapat menggunakan sistem penyiraman otomatis seperti sprinkle. Sehingga penyiraman dapat disetel sesuai waktu yang ditentukan. Akan tetapi, apabila taman yang dimiliki berukuran kecil dan hanya berupa pot demi pot, maka dapat dibuat sistem penyiraman sendiri dengan sistem tetes yang diatur atau dengan sistem hidroponik wick.

Berikut langkah-langkah membuat sistem tetes dan sistem hidroponik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.