SESUAIKAN DENGAN KOCEK

Kalau bujet terbatas, pilih tanaman dengan harga terjangkau. Parasnya tak kalah cantik dengan tanaman berharga tinggi.

Rumah - - Ruang Utama - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com FOTO YANIS RUDOLF PRATASIK

Pemilihan tanaman pada taman membutuhkan kejelian sebab taman yang indah juga tercermin dari tanamannya. Anda harus menentukan groundcover (tanaman penutup tanah seperti rumput), tanaman semak, dan tanaman tinggi yang mana nantinya akan menempati posisi di taman Anda.

Jangan khawatir, karena dengan bujet terbatas, Anda masih bisa membuat taman, lho. Caranya, dengan memilih tanaman berbiaya murah. Menurut Suwardi, tanaman yang murah adalah tanaman yang harganya di bawah Rp100.000. Tanaman di atas Rp100.000 sudah termasuk tanaman yang mahal.

Di tempat penjualan tanaman, banyak sekali dijajakan berbagai tanaman dengan berbagai harga. Mulai dari Rp5.000 sampai jutaan. Murah dan mahalnya sebuah tanaman tergantung dari ukuran tanaman. Selain itu, dipengaruhi juga oleh faktor kelangkaan tanaman. “Semakin langka, semakin orang enggak tahu, biasanya akan semakin mahal, bahkan ada yang mencapai Rp1 miliar,” tutur Suwardi. Lantas, apa saja groundcover, tanaman semak, dan tanaman tinggi atau pohon yang harganya murah?

GROUNDCOVER

Groundcover atau tanaman penutup adalah tanaman yang khusus ditaman untuk melindungi tanah dari ancaman kerusakan oleh erosi. Tanaman ini seperti rerumputan, dengan tinggi tanaman ini maksimal 30cm. Rata-rata, harga groundcover murah, namun jangan lupa pilihlah groundcover yang perawatannya mudah. Untuk alternatif taman, Anda bisa memilih groundcover berikut ini. • Rumput gajah mini. Rumput ini tengah menjadi primadona sebab perannya tak hanya sebagai penutup tanah, namun juga sebagai penghias taman. Kini, ia semakin naik pamor sebagai dekorasi taman pada hunian. Rumput yang daunnya tebal ini panjangnya hanya 5cm dan terlihat rapi. Harga: Rp25.000/m2 • Rumput Swiss. Dari semua jenis rumput, rumput inilah yang memiliki karakter paling lembut dan halus. Namun, rumput ini juga memiliki kekurangan, yaitu memerlukan pencahayaan matahari sebanyak 80%.

Harga:Rp30.000/m2

• Kucai Mini. Berbeda dengan rumput lainnya, kucai mini bisa dibilang paling panjang daunnya dan juga runcing. Kucai mini mampu bertahan hidup di area teduh dan juga pada saat teriknya matahari. Tanaman ini tingginya maksimal 10cm. Harga: Rp10.000/polybag

TANAMAN SEMAK

Tanaman semak adalah tanaman yang tingginya sekitar 30cm sampai 4,5m. Tanaman semak juga bisa dibagi menjadi 3 bagian, yaitu tanaman semak tinggi, semak sedang, dan semak rendah. Tanaman semak yang murah biasanya tanaman yang berdaun hijau dan tidak berbunga. Namun, adapula tanaman berbunga yang murah, contohnya bougenvile, soka, dan lavender. Berikut ini merupakan tanaman semak yang dapat Anda pilih untuk taman Anda. • Ararea. Biasa disebut juga sebagai aralea atau aralia. Bentuknya mirip dengan brokoli kuning dan berdaun lebat. Tingginya hampir mencapai 1m, namun banyak ditemukan pula yang berukuran 40—80cm. Harga: 5.000/polybag • Bougenvile. Di antara deretan tanaman yang hijau, tidak ada salahnya bila Anda meletakkan bougenvile di salah satunya. Bunga-bunganya yang cerah dan “ramai” akan memberikan kesan yang lain pada taman. Bila ditanam di antara sisi jalan masuk akan memberi kesan “menyambut”. Harga: Rp150.000/pot • Lavender. Tanaman ini tumbuh subur di tanah yang kering dan sinar matahari yang cukup. Lavender diyakini dapat mengusir serangga maka sering ditanam sebagai pagar hidup.

Harga: Rp10.000/10 bibit

• Soka. Tanaman ini menjadi tanaman yang paling banyak ditanam di hunian. Selain harganya yang murah, tanaman ini juga indah dan tersedia dalam berbagai warna. Harga: Rp10.000/polybag • Kembang Sepatu. Tanaman semak yang berasal dari Asia Timur ini juga menjadi favorit para pecinta tanaman. Warnanya yang indah dan tidak berbau membuat taman di rumah Anda menjadi ceria. Harga: Rp30.000/polybag

POHON

Tanaman ini adalah tanaman yang berukuran 4,5m atau lebih. Jumlahnya di setiap taman tidak terlalu banyak, 1 juga cukup. Tanaman ini memiliki batang, cabang, dan ranting. Biasanya, banyak orang memilih tanaman pohon yang berbuah. Namun, tak sedikit juga yang memilih pohon berbunga. Berikut ini contoh pohon yang dapat Anda pilih. • Cemara Kipas. Selain di taman, pohon ini juga dapat ditanam di pagar sehigga dapat menjadi pembatas angin.

Harga: Rp100.000/pohon

• Palem. Kehadirannya dapat menjadi “eye catcher” karena buahnya yang cantik. Bisa juga dijadikan sebagai background taman. Harga: Rp250.000/pohon • Kamboja jepang. Tanaman yang berasal dari Gurun Sahara ini berbentuk seperti terompet. Memiliki warna yang indah membuatnya digemari pecinta taman. Harga: Rp550.000/pohon

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.