INI DIA MASJID TERBAIK DI DUNIA

Rumah - - Sekitar Rumah -

Pernah membayangkan seperti apa masjid terbaik di dunia? Bila belum, ini saatnya untuk tercengang. Masjid Sancaklar yang mendapat prediksi masjid terbaik di dunia karena gaya arsitekturnya yang menawan. Masjid dekat Istanbul, Turki, ini dibangun oleh Emre Arolat Architects. Arolat menggunakan kombinasi batu abu-abu terang dan beton bertulang yang diatur di dalam alunalun masjid dan mendesainnya secara bertingkat.

Bangunan yang memiliki luas 700m2 ini terletak di Buyukcekmece, di pinggiran kota Istanbul dan sengaja dibangun terpisah dari lingkungan masyarakat sekitar. Alasannya, agar masjid tetap dalam kondisi aman dan jauh dari hiruk pikuk jalan raya yang sibuk.

Ruang salat utama memiliki fitur lantai dan langit-langit beton berjenjang. Langit-langit tampil unik membentuk sebuah pusaran. Tak lupa, efek pencahayaan diatur di bawah lantai dan di celah langit-langit yang dengan lembutnya menerangi ruang salat.

Eksplorasi material yang sempurna pada bangunan masjid berpadu dengan gaya arsitektur berkelas membuat masjid ini memenangkan bangunan ibadah terbaik pada Festival Arsitektur Dunia 2013. Masjid ini juga telah dinominasikan pada Desain of the Year, penghargaan tahunan yang digelar oleh Museum Desain di London. (vIe)

www.boty.archdaily.com

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.