Buat Warna Tampil Memukau

Sebagus apa pun kualitas cat dinding yang Anda beli, warnanya tidak akan keluar maksimal jika Anda tidak mengaplikasi cat dasar terlebih dahulu.

Rumah - - Material - IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com FOTO YANIS RUDOLF PRATASIK

Mengecat dinding bukan perkara memasukkan kuas ke dalam cat, lalu menyapukan kuas yang telah tertempel cat tersebut ke dinding. Ada beberapa tahapan yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai proses pengecatan dinding.

Pertama, pastikan dinding yang akan dicat kering maksimal. Jangka waktu pengeringan dinding plesteran adalah 28 hari (semen konvensional) dan 8 hari (semen instan). Jika pengecatan dilakukan sebelum dinding mengering maka akan terjadi masalah dinding menggelembung atau dinding mengompol.

Kedua, sebelum dilakukan pengecatan, dinding harus dalam keadaan bersih (terbebas dari debu dan kotoran yang menempel). Tujuannya, agar cat menempel sempurna di dinding dan tidak membuat cat mengelupas di kemudian hari.

Ketiga, setelah dinding bersih, Anda wajib melapisi dinding dengan cat dasar terlebih dahulu sebanyak satu lapis. Jika terdapat retak-retak, Anda dapat menutupnya dengan dempul terlebuh dahulu. Bila tidak didempul area yang retaknya, hasil pengecatan tidak akan maksimal karena retak-retak ini dapat mengurangi pesona keindahan dinding rumah Anda. Setelah dempul kering, dinding dapat diratakan dengan cara diampelas. Selanjutnya, lapisi kembali permukaan dinding dengan cat dasar sebanyak satu lapis.

Keempat, setelah cat dasar kering, lanjutkan dengan pengecatan akhir. Jangka waktu pengecatan dari cat dasar ke pengecatan akhir minimal 4 jam.

Ir. A. Djajaprasetya, MBA, ahli cat PT Indowira Putra Paint Factory, menjelaskan bahwa dari keempat tahapan di atas, semuanya memiliki peran penting. Jadi, Anda wajib melakukan semua tahapan di atas agar pengecatan dinding yang Anda lakukan tidak sia-sia. “Mengecat itu terkesan mudah, tetapi kenyataannya banyak aspek yang harus diperhatikan agar hasilnya maksimal,” ucap Djajaprasetya.

Dari keempat hal di atas, sebenarnya hanya pekerjaan melapisi dinding dengan cat dasar yang mengeluarkan biaya dan memerlukan waktu pengerjaan yang relatif lama. Sementara, tahapan lainnya hanya berupa pengecekan yang belum tentu mengeluarkan biaya dan waktu yang relatif sebentar. Walau harus mengeluarkan biaya dan memerlukan waktu lebih, melapisi dinding dengan cat dasar bukan sebuah pemborosan.

Cat dasar ini memiliki fungsi menutup pori-pori dinding. Sehingga, Anda dapat mengurangi volume pengecatan akhir karena cat tidak akan masuk ke dalam poripori dinding. Artinya, Anda akan menghemat pembelian cat dinding untuk rumah secara keseluruhan. Cat ini juga mampu menutup retak rambut sehingga retak tidak tampak di permukaan dinding.

Kelebihan lainnya adalah cat dasar dapat mereduksi alkali yang berasal dari plesteran semen. Alkali ini berpotensi menyerang pigmen warna sehingga membuat warna cat tidak tampil maksimal dan lebih pucat dari warna aslinya. Misal, cat berwarna merah menyala bisa terlihat merah pucat di dinding yang tidak terlapisi cat dasar.

Cat dasar juga dapat mengikat debu-debu yang masih tertinggal di dinding akibat proses pengerjaan plesteran, sehingga dinding bebas dari debu. Selain itu, cat dasar dapat menambah daya lekat yang baik bagi cat akhir dan mengurangi debu (dari udara) yang menempel pada dinding, sehingga membuat warna dinding tetap cerah.

HOTEL PRIANGER BANDUNG

Cat ini juga memiliki fungsi menutup retak retak halus di dinding. Dinding pun jadi rata sempurna. Selain itu, cat ini antidebu. Jadi, debu-debu yang bertebaran di udara tidak akan menempel ke dinding sehingga cat tetap berwarna cerah.

Salah satu cat dasar yang berkualitas dan memiliki keunggulan di atas adalah cat Super Primer keluaran PT Indowira Putra Paint Factory. Di pasaran, cat ini dijual dalam kemasan 2 liter dan 18 liter. 18 liter cat dapat melapisi dinding seluas 180—200m2. Untuk harga, cat ini dibandrol Rp132.000 per 2 liter atau Rp895.000 per 18 liter. •

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.