Multifungsi yang Praktis

Rumah - - Serambi - Made Mardiani Kardha Editor in Chief

Ingat tidak, kira-kira satu dekade yang lalu, untuk mendengarkan lagu kesukaan kita saat bepergian, kita perlu membawa pemutar musik mobile atau mp3 player? Sekarang, kita cukup membawa ponsel, di dalamnya sudah dibenamkan pemutar lagu.

Tidak cuma itu. Di dalam ponsel itu juga ada senter, kalkulator, stop watch, waterpass, kalender, peta, dan lain-lain. Bayangkan kalau kita harus membawa semua benda-benda itu secara terpisah di dalam tas kita. Pasti kita perlu tas yang sangat besar!

Menggabungkan sekian banyak fungsi dalam satu benda— dalam hal ini gadget— pasti membuat hidup kita menjadi lebih praktis.

Kepraktisan ini juga berlaku ketika kita bicara soal ruang. Bayangkan kalau kita membutuhkan ruang untuk kerja, untuk ngobrol, untuk menyimpan makanan, untuk menyendiri, untuk membaca buku; harus seberapa besar rumah kita.

Akan lebih praktis bila kita bisa menggabungkan fungsifungsi itu dalam satu ruang. Bila pilihannya jatuh pada ruang keluarga, itu sudah biasa. Sekarang banyak orang yang menggabungkan sekian banyak fungsi itu di dapur. Ya, dapur!

Ruang yang tadinya identik dengan masak, lalu merambah ke aktivitas makan, sekarang makin luas saja fungsinya. Sarapan, belajar, ngobrol, kerja, nonton TV, semua bisa dilakukan di sini.

Ngomong-ngomong soal multifungsi, RUMAH yang sejak awal Agustus lalu melakukan perubahan, di edisi ini mulai menggabungkan beberapa informasi ke dalam rubrikasi yang lebih sederhana. Ruang informasi pun menjadi lebih luas. Bersih-Bersih, Jalan-Jalan, adalah beberapa rubrik baru yang ditambahkan agar sajiannya menjadi semakin lengkap.

Gong dari perubahan ini dapat Anda nikmati di edisi berikut. Nantikan waktu terbitnya, dan kabarkan komentar Anda.

“Doctors save lives by constructing a healthy life, Designers save lives

by constructing a life worth living.”

Mark W. Perrett (Architectural designer)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.