Kpr Swadaya: Cicilan Ringan Untuk Bangun Rumah

Peluang Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk memiliki rumah sepertinya semakin terbuka lebar. Pemerintah kini membuka keran dana mereka dengan mengucurkan bantuan uang muka dan subsidi bunga uang muka KPR.

Rumah - - Halaman Depan - TEKS SELVIA MARTIANI selvi@tabloidrumah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

K einginan pemerintah untuk menyediakan rumah layak huni bagi masyarakat rupanya bukan isapan jempol semata. Tahun 2015 ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan program pembangunan sejuta rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Tidak hanya itu, pemerintah pun memberikan kemudahan lainnya dengan mengucurkan dana bantuan.

Maurin Sitorus, Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, mengungkapkan pemerintah resmi mengeluarkan program bantuan uang muka (DP) Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk MBR senilai Rp4 juta. Program kucuran dana ini tentu saja menjadi sebuah “oase” di tengah kesulitan ekonomi yang dialami para MBR.

BANTUAN UANG MUKA

Masyakarat yang ingin mendapatkan kucuran dana bantuan ini harus memenuhi beberapa syarat yang ditentukan pemerintah. Persyaratan tersebut meliputi lolos verifikasi MBR dan memiliki surat persetujuan pengajuan KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Untuk masyarakat yang ingin membeli rumah tapak, mereka harus memiliki penghasilan maksimal Rp4 juta/bulan, sedangkan MBR yang ingin membeli rusun harus memiliki penghasilan maksimal Rp7 juta/bulan.

“Pemerintah memberikan kemudahan kepada MBR dengan mengucurkan bantuan uang muka senilai Rp4 juta. Ini sudah otomatis dapat diperoleh oleh MBR yang sudah memenuhi syarat,” ujar Maurin saat ditemui RUMAH di Kementerian PUPR.

BUNGA MAKIN RENDAH

Maurin menambahkan bahwa program bantuan pemerintah juga diberikan dalam bentuk subsidi bunga KPR. Melalui bank BTN, pemerintah kini telah memberlakukan program DP KPR hanya 1% dari aturan sebelumnya 5% per tahun. Selain itu, pemerintah juga berencana memangkas bunga kredit FLPP dari yang semula 7,25% flat selama 20 tahun, menjadi 5% flat selama 20 tahun.

Dengan program subsidi bunga dan pemangkasan kredit FLPP, MBR hanya membayarkan bunga sebesar 1% dari nilai uang muka yang diberikan dengan bunga sebesar 5% setiap tahunnya. Jadi, bagi Anda para MBR, manfaatkan bantuan dana ini semaksimal mungkin dan wujudkan mimpi Anda memiliki rumah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.